KY Minta Siaran Langsung Sidang Ahok Tak Dikaitkan Pilkada

Alreinamedia.com, Jakarta – Komisi Yudisial berharap sidang kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang boleh disiarkan secara langsung tak dikaitkan dengan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta.

Juru bicara KY Farid Wajdi mengatakan, publik lebih baik fokus pada isi persidangan, bukan pada hubungannya dengan politik.

Bacaan Lainnya

“Apakah sebuah putusan itu dihasilkan murni dari proses hukum atau ada faktor lain. Itu yang harus jadi fokus. Jangan diukur antara proses hukum dengan masa pilkada,” kata Farid di Jakarta, Rabu (5/4).

Baca Juga :  Komisi III DPRD Batam Gelar RDP Bahas Pengakhiran Konsesi ATB

Menurutnya, sejak awal memang kasus ini kerap dikaitkan dengan proses politik di Jakarta.

Sementara itu Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada Azhari mengatakan, sudah seharusnya sidang kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disiarkan secara langsung.

Pasalnya, mulai pekan depan, agenda sidang tak lagi pada tahap pemeriksaan saksi dan bukti. “Kalau besok mulai peAMacaan tuntutan maka harus disiarkan langsung,” kata Aidul.

Aidul mengatakan, larangan siaran langsung pada saat masa peAMuktian atau pemeriksaan saksi untuk menghindari adanya saksi yang terpengaruh dengan pernyataan saksi lainnya.

Tak hanya itu, menurut Aidul hal tersebut juga bisa mempengaruhi proses peAMuktian yang dilakukan. “Maka khusus proses peAMuktian tidak disiarkan langsung,” ujarnya.

Baca Juga :  Satnarkoba Dan Satreskrim Polresta Barelang Berhasil Mengamankan 893 Gram Sabu

Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto sebelumnya memutuskan sidang ke-18, Selasa (11/4) pekan depan dengan agenda peAMacaan tuntutan bisa disiarkan secara langsung. Keputusan itu diaAMil karena tak ada lagi saksi yang diperiksa di muka sidang.

“Mulai tanggal 11 kamera boleh masuk, boleh live. Nanti akan diatur tempatnya,” kata Diwarso sebelum menutup kemarin di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta.(AM/cnn indonesia)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV