3 Petahana TuAMang, 5 Wajah Baru Bakal Hiasi KPU RI 2017-2022

Alreinamedia.com, Jakarta – Komisi II DPR RI telah memilih calon komisioner KPU RI melalui mekanisme voting pada dini hari tadi. Dari 7 nama yang dipilih, hanya dua calon petahana yang lolos uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di parlemen.

Keduanya adalah Hasyim Asy’ari dan Arief Budiman. Sisanya, tiga calon petahana lagi tuAMang yakni Sigit Pamungkas, Ida Budhiati, Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengatakan, pilihan calon komisioner KPU oleh Komisi II tersebut telah dilaksanakan sesuai dengan perundang-undangan.

“Pemilihan itu kan tentunya tidak bisa berdasarkan pendapat pribadi per pribadi masing-masing anggota dewan. Semuanya sudah dituangkan, bahkan pada saat yang terakhir pun kan sudah dilaksanakan penilaian seperti voting dan lain sebagainya. Rasanya koridor ini sudah sesuai dengan koridor perundang-undangan,” ujarnya di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/4).

Baca Juga :  Tim Penyidik KPK Geledah Ruangan DKP Provinsi Kepri

Ia pun meminta agar semua pihak bisa menerima dan tak terlalu mempermasalahkan terkait pilihan Komisi II atas 7 nama komisioner KPU. Karena 5 wajah baru dipastikan akan menjadi komisioner KPU setelah mendapat persetujuan dalam rapat paripurna anggota DPR.

“Adapun masalah yang ini suka, yang ini tidak suka, itu kita harus serahkan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Yang selama ini sudah dilakukan tentunya kita harus mengerti dan menyadari tentang hal itu,” tuturnya.

Sekedar informasi, 7 nama komisioner KPU yang dipilih Komisi II adalah sebagai berikut:

1. Pramono Ubaid Tantowi 55 suara
2. Wahyu Setiawan 55 suara
3. Ilham Saputra 54 suara
4. Hasyim Asy’ari 54 suara
5. Viryan 52 suara
6. Evi Novida Ginting Manik 48 suara
7. Arief Budiman 30 suara.(AM/detik)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU