Resmi Rampung, Akuisisi Rp 60 Triliun Verizon Atas Yahoo

Akuisisi operator seluler Verizon atas Yahoo resmi rampung, tepatnya pada Selasa (13/6/2017) kemarin waktu AS, menyusul persetujuan dari para pemenang saham.

Dengan rampungnya akuisisi bernilai 4,5 miliar dollar AS atau hampir Rp 60 triliun itu, aneka properti Yahoo, seperti Sports dan Finance, akan menjadi bagian dari unit baru bernama Oath di Verizon.

Bacaan Lainnya

Oath turut menaungi sejumlah brand lain seperti AOL, TechCrunch, dan Huffington Post.

Baca Juga :  Tim Penilai Kecamatan Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021, Lakukan Penilaian Di Kecamatan Meranti

“Rampungnya transaksi ini adalah langkah penting dalam menumbuhkan perusahaan media digital kami ke skala global,“ ujar President of Media and Telematics Verizon, Marni Walden, dalam sebuah pernyataan sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Rabu (14/6/2017).

Sementara itu, usai sebagian propertinya dibeli Verizon, yang tersisa dari Yahoo adalah aset berupa kepemilikan 15 persen di Alibaba Group Holding Ltd, 36 persen di Yahoo Japan Corp, uang tunai, sejumlah investasi minor, dan Excalibur IP yang memiliki paten.

Aset-aset Yahoo ini dinamai ulang sebagai Altaba Inc yang dipimpin oleh Thomas McInerney sebagai CEO. Bos Yahoo sebelumnya, Marissa Mayer, turun dari jabatan.

Meski sudah rampung, masih ada pekerjaan rumah pasca akuisisi Verizon atas Yahoo, yakni perampingan perusahaan. Yahoo dan Verizon diperkirakan bakal merumahkan 2.100 orang atau 15 persen tenaga kerjanya.

Baca Juga :  Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro Hingga 28 Juni, Pengaturan Sesuai Zonasi Risiko Wilayah

Yahoo kini memiliki pengguna sebanyak 1,3 miliar. Di bawah Verizon, angka itu diharapkan tumbuh menjadi 2 miliar pada 2020 mendatang.

Penulis: Oik Yusuf

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

Komentar