Bau Nyengat Kotoran Ternak Ayam Milik Oknum DPRD Batam Resahkan Warga

Alreinamedia.com, Batam – Warga setempat di Batu Besar Nongsa resah akibat aktifitas kandang ternak Ayam yang diduga ilegal. Keresahan warga setempat sudah berlangsung selama lebih kurang satu tahum, karena tidak tahan mengjirup bau busuk kotoran ayam dilingkungan mereka.

Menghirup itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Reformasi Gemilang (Barelang) Batam, Yusril Koto meminta agar Pemko Batam melalui Satpol PP segera membongkar aktifitas diduga bodong.

Bacaan Lainnya

“Di lokasi saya cek memang bau menyengat kotoran ayam menusuk hidung. Tak di izinkan masuk ke lokasi ternak, tak semua orang diperbolehkan ke lokasi peternakan,” kata Yusril Koto, di Batu Besar Sabtu (17/6/2017).

Baca Juga :  Safari Potensi Marinir Di Lantamal IV

Menurut Yusril, pemilik ternak tidak memperhatikan dampak terhadap lingkungan di sekitar terutama pemukiman warga.

“Kandang ternak ayam itu juga bersebelahan dengan sekolah Tabhita,” ujarnya.

Dia mengakui mendapat informasi itu dari warga setempat. Warga keberatan dengan aktifitas ternak dilingkungan mereka. Resahnya warga karena tak tahan dari aktifitas ternak mengeluarkan bau menyengat dan berdampak buruk terhadap kesehatan.

“Disana warga mengeluhkan. Belum lagi proses Belajar Mengajar anak-anak di sekolah”, katanya.

Kuat dugaan, pemilik tak mengantongi izin dilahan yang persis di depan markas Polda Kepri itu. Diketahui pemilik bisnis ilegal ternak ayam potong itu salah seorang oknum DPRD Kota Batam berinisial “UT”.

“Ternak tak layak dipemukiman warga, itu jelas sangat mengganggu kesehatan warga dan siswa,” jelasnya.

Baca Juga :  Antisipasi Banjir BUP Batam Gerak Cepat Normalisasi Saluran Air di Kawasan Pelabuhan Batu Ampar

Pemilik ternak ayam potong mampu menghasilkan lebih kurang 1000 ekor ayam kampung siap panen. Seharusnya, pemilik mencari lokasi peternakan jauh dari pemukiman warga seperti di Barelang.

“Kenapa ‘UT’ pilih lokasi di pemukiman warga, apalagi ada sekolah. Apa tak ada lahan lain lagi,” pungkasnya. (Erwin)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

Komentar