Momen Halal bi Halal, Wako Rudi Jawab Keluhan Warga Tiban Indah

Alreinamedia.com, Batam – Momen halal bi halal sebagai ajang yang tepat untuk bermaaf-maafan dan mempererat tali silaturahmi, hal itu dilakukan usai menikmati libur yang panjang di Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Kegiatan sekali dalam setahun itu digelar oleh Walikota Batam Muhammad Rudi, Wakil Walikota Amsakar Ahmad dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin yang di langsungkan di halaman GOR Tiban Indah Kecamatan Sekupang pada Rabu (5/7/2017) mulai pukul 19.00 Wib, bersama masyarakat se-Kecamatan Sekupang.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Batam Rudi menyampaikan, pertemuan melalui Halal bi Halal ini sengaja diselenggarakan bersama masyarakat di Kecamatan Sekupang dengan tujuan bersilaturahmi dan menampung sejumlah persoalan dan aspirasi masyarakat.

“Saya faham saat ini ekonomi kita sangat lesu, industri sudah pada tutup bapak ibu,” kata Walikota Rudi, Rabu (5/7/2017) malam.

Meskipun begitu, lanjutnya, Pemko Batam berupaya untuk mengundang perusahaan shipyard agar kembali beroperasi di Batam, sehingga dapat menyerap banyak tenaga kerja.

“Pemko juga harus mencari uang, untuk membangun Batam,” katanya.

Maka infrastruktur dibangun dengan tujuan agar orang luar yang masuk ke Batam yakni dengan menjadikan Batam menjadi kota destinasi wisata, selain kota industri.

“2019 pembangunan jalan Batam timur harus rampung, perencanaan sudah dibuat bapak ibu,” katanya.

Baca Juga :  Big Honda Roadshow 2020 Banyak Diskon & Promo menarik

Jelang hari raya idul fitri, katanya, lebih 1000 orang pulang ke kampung halaman dan tak balik lagi ke Batam. Namun ia mengatakan, data yang diterima pasca lebaran juga banyak orang luar datang ke Batam hendak mengadu nasib di Batam.

“Saya tau banyak yang tinggalkan Batam, tapi setelah lebaran kemarin, lebih banyak yang datang ke Batam. Ini masih membuktikan kalo Batam masih berpeluang untuk mencari kerja,” katanya.

Menjawab beberapa aspirasi masyarakat, Rudi mengatakan, untuk dana Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK) tak boleh digunakan selain untuk jalan semenisasi dan drainase.

“Agar tidak terjadi penyelewengan dana,” katanya.

Kemudian, Untuk pendidikan, saat ini PPDB terakhir dilaksanakan, sekolah negeri juga sudah penuh di isi.

“Tapi kita tak boleh juga mengabaikan sekolah swasta karena bisa mati,” katanya.

Maka ia juga menyarankan bagi orang tua murid yang mampu tak ada salahnya memasukkan anak anaknya ke sekolah swasta.

“Karena pendidikan pada intinya sama,” sebutnya.

Selain itu, Kebijakan pembayaran APBD ataupun APBN, masyarakat tidak boleh menerima uang tunai. Hal itu bertujuan untuk menghindari laporan fiktif dan harus menggunakan rekening yang bersangkutan.

Baca Juga :  Bakti Sosial Dan Bakti Kesehatan Dalam Rangka Cooling System Pilkada 2020 Dan Pencegahan Covid-19

“Agar tak ada dusta antara Pemko Batam dan Masyarakat. Jadi, apa yang menjadi kendala di Batam saat ini kita harus bersabar, kita juga bekerja untuk masyarakat sejahtera,” kata dia.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad juga menjawab pertanyaan dari masyarakat. Mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2017 – 2018 PPDB, ia beserta jajaran akan mengambil langkah jika ada yang tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

“Saya mengerti orang tua pasti mengutamakan anak-anaknya, bagaimana bisa bersekolah. Tapi juga harus mengikuti koridor yang ada, begitu juga pihak sekolah,” kata Amsakar, Rabu (5/7/2017).

Kepemimpinan sekarang harus mencari terobosan untuk menyelesaikan sebuah persoalan. Kepala Dinas juga harus memikirkan apa terobosan untuk menciptakan gairah ekonomi di Batam.

“Wako dan Wawako tak bisa kerja berdua, maka Kadis-kadis juga harus memikirkan dan harus memiliki terobosan itu,” sebutnya.

Dijelaskan juga, kepada RT dan RW berkoordinasi dengan masyarakat untuk ciptakan lingkungan agar lebih kondusif. Karena baru-baru ini telah terjadi ancaman teror.

“Seperti yang terjadi pada aparat penegak hukum kita beberapa waktu lalu, perlu meningkatkan keamanan dilingkungan,” kata dia. (Erwin)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU

Komentar