OJK Dukung Program Pemda Untuk Majukan Ekonomi

 

Alreinamedia.com, Batam – Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad memperkuat peran Kantor OJK di daerah untuk mendukung program dan kebijakan OJK terutama dalam mengembangkan perekonomian daerah.

Dalam rangkaian peresmian gedung Kantor OJK Provinsi Kepulauan Riau bertempat di Komplek Ruko Kara Junction Blok C 1-2, Jalan Ahmad Yani Kota Batam yang dilakukan Muliaman bersama Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman menyampaikan peran OJK dalam mengawasi Industri Jasa Keuangan dan pelaksanaan program strategis untuk mendukung pembangunan daerah.

“Saat ini kami telah didukung oleh 9 Kantor Regional yang membawahi 37 Kantor OJK
Provinsi dan Kabupaten yang tersebar diseluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Kepri ini,” ujar Muliaman.

Lanjutnya, kantor OJK di daerah menjadi ujung tombak dari pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan dan pembinaan Industri Jasa Keuangan di masing-masing daerahnya dan pelaksanaan berbagai program strategis OJK dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi daerah.

“Semua kantor OJK di daerah selain bertugas mengawasi perkembangan industri jasa keuangan di daerahnya” kata dia.

Baca Juga :  Sadis, Alasan Himpitan Ekonomi Seorang Ibu Buang Anak Balitanya ke Aliran Sungai

Kemudian, juga harus mengutamakan dan meningkatkan kontribusinya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah antara lain dengan mengembangkan sektor UMKM dan sektor-sektor potensial daerah lainnya seperti perikanan dan kelautan, pariwisata, pertanian serta ekonomi kreatif.

“OJK sejak berdiri telah mengeluarkan banyak kebijakan yang ditujukan untuk memperkuat peran sektor jasa keuangan sebagai katalis pertumbuhan,
dengan tetap memberikan perhatian pada upaya penjagaan stabilitas sistem keuangan dan penguatan inklusi keuangan,” kata Muliaman.

Kantor OJK Provinsi Kepulauan Riau, menurut Muliaman memiliki peran yang sangat Strategis bukan saja dalam tugas stabilitas sektor keuangan tetapi juga pengembangan ekonomi daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

”Berbagai program strategis dalam membuka akses keuangan, yang sudah berjalan seperti program Laku Pandai, SimPel, Penyaluran KUR dan kredit Perbankan maupun pembiayaan bagi sektor-sektor produktif, saya minta untuk terus dioptimalkan,” pintanya.

Kantor OJK Provinsi Kepri saat ini mengawasi Pelaku Usaha Jasa Keuangan, meliputi perbankan, pasar modal dan industri keuangan nonbank (IKNB) diantaranya 39 Kantor Cabang Bank Umum, 43 BPR/S yang tersebar di Kepulauan Riau, 3 Emiten dan 9 Perwakilan Perusahaan Efek, 21 Asuransi Jiwa dan 26 Asuransi Umum, 1 lembaga Dana
Pensiun, 18 Perusahaan Pembiayaan, 1 Perusahaan Penjaminan, Perwakilan Pegadaian, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta LPEI.

Baca Juga :  Polsek KKP Batam Bantu Penumpang Kapal Yang Hendak Di Rujuk Ke RSBP Batam

Sedangkan, Kepala OJK Provinsi Kepri Uzersyah mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari Pemerintah Daerah baik Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota di Kepri serta seluruh pihak terkait untuk membantu OJK dalam mewujudkan
penyelenggaraan sektor jasa keuangan Kepulauan Riau yang sehat dan bertumbuh.

“Peran aktif dari Kantor OJK Provinsi Kerpi dapat menyokong Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Uzersyah.

Harapan yang sama terhadap pelaku industri jasa keuangan di Kepri untuk dapat lebih meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi daerah, namun tetap memperhatikan ketahanan likuditas dan perkuatan permodalan. (Erwin/Rls)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU

Komentar