“Kapal Wanderlust Digunakan sebagai transporter Sabu dari Taiwan ke Indonesia”

Alreinamedia.com, Batam – Konferensi Pers Polda Kepri pada Senin sore (17/7/2017) terkait penangkapan kapal berwarna putih itu dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya, Kadiv Humas Polda Metro Jaya, Kapolda Kepri, Kabid KBLI Bea dan Cukai Tipe B Batam, Lantamal IV Tanjungpinang, Bakamla dan Media Massa.

Penangkapan kapal Wanderlust berbendera Sierra Leone pengangkut narkoba jenis sabu seberat 1 Ton merupakan hasil kerjasama pihak Kepolisian dengan stakeholder terkait.

“Perburuan kapal Wanderlust pengangkut sabu dari pelabuhan Taiwan menuju Indonesia, sebelumnya melibatkan aparat penegak hukum dilaut,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan didampingi Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto, saat konferensi pers di Dermaga Bea Cukai, Tanjung Uncang Batam, Senin sore (17/7/2017).

Kapal itu, sambungnya, diamankan oleh Bea Cukai Batam di perairan Tanjung Berakit, Bintan pada Sabtu (15/7/2017) dan disandarkan di Dermaga Bea Cukai Tanjunguncang, Batam.

Baca Juga :  DANLANTAMAL IV LEPAS PESERTA LATIHAN GLAGASPUR TK III (L3) LANTAMAL IV

“Kapal Wanderlust digunakan sebagai transporter sabu dari Taiwan ke Indonesia,” katanya.

Iriawan menerangkan, kapal Wanderlust semula berlayar dari Pelabuhan Kuangh Chi, Taiwan pada (17/6/2017). Kemudian kapal tersebut berlayar melalui laut lepas China, Malaysia dan selanjunya ke Selat Sunda. Sedangkan narkotika seberat 1 ton itu dipindahkan ke dalam 2 perahu di Pulau Sagiang, Selat Sunda.

“Dus perahu karet itu dibawa ke Anyer, ke dermaga Hotel Mandalika yang sudah lima tahun tidak beroperasi. Nah, owner kapal itu sendiri orang China, dan owner narkotika yang diamankan juga orang China tapi ABK kapal sebagai kurir pengangkut ini kita amankan,” ungkapnya.

Lanjutnya, Kelima pelaku kurir pengangkut sabu 1 ton yang diamankan kepolisian, dipastikan berkewarganegaraan Taiwan. Kasus ini masih dalam pengembangan, karena pelaku masih tutup mulut dan hasil pengembangan sementara Kepolisian sampai saat ini belum mengetahui siapa pemilik narkotika jenis sabu sebanyak 1 ton tersebut.

Baca Juga :  Pasar Murah Ramadhan 1440 H/2019 M Berbagi Asih Bersama Masyarakat

“Ownernya kita masih belum tahu, yang jelas kita masih kembangkan itu,” tuturnya.

Kemudian katanya, untuk penangkapan 1 ton sabu, Kepolisian dibantu oleh ini seluruh stake holder terkait seperti Bea Cukai, Polair, Bakamla, TNI AL untuk mencari keberadaan kapal yang digunakan sebagai pengangkut barang haram tersebut dari Taiwan ke Indonesia.

“Selain itu, kepolisian RI juga akan berkoordinasi dalam bekerjasama dengan Kepolisian China dan Taiwan,” katanya. (Erwin)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU

Komentar