Dirgahayu Korps Brimob ke 72, “Selalu Tunjukkan Soliditas dan Integritas pada Negara”

Pemotongan nasi tumpeng oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian dalam HUT Korps Brimob Polri ke 72 tahun. (Foto/Humas Polda Kepri)

Alreinamedia.com, Batam – Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian memimpin upacara Peringatan HUT Korps Brimob Polri ke 72 2017 di Mako Brimob Polda Kepri Selasa (14/11/2017) pukul 08.00 wib.

Peringatan HUT Brimob dihadiri oleh Gubernur Kepri (diwakili), Wakapolda Kepri, Unsur Forkopinda Provinsi Kepri, Para Pejabat Utama Polda Kepri, Para Kapolres/Ta, Para Sesepuh, Purnawirawan, dan Warakawuri Korps Brimob Polri, Para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS Korps Brimob Polri dan para peserta upacara.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian menyampaikan, Korps Brimob Polri adalah Satuan Elite Kepolisian yang telah berkontribusi aktif bagi negara Indonesia semenjak masa perjuangan kemerdekaan. Keberadaannya tak bisa lepas dari sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di masa penjajahan Jepang, Brimob dikenal dengan sebutan Tokubetsu Keisatsu Kai, sebuah satuan pasukan berkemampuan militer yang terlatih, berdisiplin tinggi, dan terorganisir dengan sangat baik.

“Pasukan inilah cikal bakal Brimob, pasca kekalahan Jepang pada sekutu ditandai dengan Kemerdekaan RI. Pasukan ini berganti nama menjadi Mobile Brigade Atas Inisiatif Wakapolri saat itu Komisaris Polisi Tingkat I Soemarto,” tutur Sam Budigusdian, saat memimpin HUT Korps Brimob ke 72 di Mako Brimob, Selasa (14/11/2017).

Upacara peringatan Dirgahayu Korps Brimob ke 72 tahun di Mako Brimob Polda Kepri, Barelang. (Foto/Humas Polda Kepri)

Kapolda melanjutkan, pada 14 Nopember 1961, Presiden RI Ir. Soekarno menganugerahkan penghargaan berupa Nugraha Cakanti Yana Utama, sebagai penghargaan tertinggi pemerintah atas pengabdian Mobile Brigade menumpas pemberontak.

“Citra baik Polri terus ditingkatkan Brimob melalui perannya mengatasi kejahatan berintensitas tinggi, pelayanan kepolisian di banyak medan penugasan,” tuturnya.

Sejalan dengan tema peringatan HUT ke-72 Korps Brimob Polri tahun 2017, yakni Dengan Semangat Sinergitas, Korps Brimob Polri Mewujudkan Promoter, Untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat. Tema ini mengindikasikan peran penting Brimob melalui berbagai kegiatan dan upayanya dalam mewujudkan Polri yang semakin Profesional, Modern, Dan Terpercaya.

Sam melanjutkan, beberapa agenda Nasional maupun Internasional segera dihadapi, seperti pelaksanaan pengamanan Pilkada Serentak 2018, Imf-World Bank Annual Meeting 2018, maupun Asian Games 2018. Agenda yang melibatkan Brimob dalam pengamanan, diminta saling bahu membahu satu dengan lainnya.

“Tunjukkan Brimob satuan yang solid, berintegritas, loyal, dan dapat diandalkan oleh bangsa dan negara,” sebutnya. (Win)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU