TNI Gelar Upacara Parade dan Defile di Perayaan HUT TNI ke 73

Upacara Parade dan Defile dalam perayaan HUT TNI ke 73 di lapangan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Jumat (5/10/2018). (Foto: Penlantamal IV)

alreinamedia.com, Tanjungpinang – Gabungan TNI AD, AL dan AU di wilayah Kepri menggelar Upacara Parade dan Defile untuk merayakan HUT TNI Ke 73 yang diberi tema, “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

Upacara yang dipusatkan di lapangan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Jumat (5/10/2018) itu, berlangsung sederhana.

Bacaan Lainnya

Parade dan Defile di pimpin Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Gabriel Lema, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, dan Danlanud RHF Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan, diikuti seluruh prajurit.

Inspektur Upacara Brigjen TNI Gabriel Lema mengungkapkan, kota Palu dan Donggala tengah dilanda duka pasca gempa bumi dan tsunami. Untuk meringankan beban derita dari saudara-saudara di Palu, komponen bangsa lainnya telah berkerja bahu membahu membagi dan berupaya sekuat tenaga.

Baca Juga :  Taman Tuah Melayu di Batam Centre Diresmikan

Saat ini, kata Gabriel, TNI telah mengirimkan dan menyerahkan personil beserta Alutsistanya untuk pertolongan pertama dalam evakuasi korban, bantuan, memberikan pengamanan dan memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap.

“Apa yang dilaksanakan di lokasi bencana baik pengetahuan personil dan Alutsista adalah sebagian bentuk profesionalisme TNI. Oleh karena itu, sangat tepat di momen HUT TNI ke 73 TNI ini diberi tema Profesionalisme TNI untuk Rakyat,” kata Gabriel.

Gabriel juga menyebutkan tema dalam HUT TNI mengandung makna bahwa TNI senantiasa meningkatkan profesioalisme melalui berbagai pendidikan, latihan dan persenjataan Alutsista serta kesejahteraan negara.

Hal itu semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia. Profesionalisme TNI di wujudkan dari pelaksanaan operasi, kegiatan dan latihan TNI dalam menjalankan tugas pokok.

Baca Juga :  Perluas Jaringan Pasar Modal, KSEI Tambah Jumlah Bank RDN

“TNI mengemban tugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, dan melindungi bangsa dari segala macam gangguan,” katanya.

Untuk itu, lanjut Gabriel, sesuai arahan Panglima TNI menekankan kepada prajurit untuk meningkatkan kewaspadaan dan profesionalisme, karena setiap saat tugas selalu menanti.

“Berbagai macam tantangan tugas, dilimpahkan kepada TNI,” jelasnya.

Selain itu Gabriel mengingatkan agar bisa memantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan dalam Pemilu 2019 mendatang.

Ia menekankan, para personil untuk tidak terpancing emosi dalam mendukung kelompok tertentu.

“Jalankan setiap tugas dengan bertanggung jawab karena tugas kita semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara ini,” tegasnya.

Peringatan HUT TNI ke 73 dihadiri Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, serta seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  Kepri.

Editor: Chandra Adi Putra

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV