Sindir Pidato Jokowi, Rocky Gerung: Narasi Game of Thrones, Tapi Literasi Ikan Tongkol

JAKARTA – Pengamat politik Rocky Gerung menyindir pidato Presiden Joko Widodo yang menganalogikan kondisi ekonomi dengan Game of Thrones‘. ‘Winter Is Coming’.

Menurut Rocky, pidato Jokowi di hadapan para hadirin acara tahunan International Monetary Fund (IMF-WB), Jumat lalu itu ‘tidak otentik’, artinya publik menilai ada ketidaksinambungan antara retorika dengan fakta.

Bacaan Lainnya

“Banyak akhirnya melihat, bahwa pak Jokowi literasinya menghafal nama ikan kenapa tiba-tiba ngomong sebuah novel yang menggunakan imajinasi. Pak Jokowi tidak dilatih didalam wilayah imajinasi,” ujar Rocky dalam sesi dialog di CNNIndonesia TV, Minggu (15/10).

Jokowi, kata Rokcy, tidak memiliki tradisi untuk membaca, sebab novel atau film Game of Thronesadalah imajinasi yang butuh waktu untuk membacanya supaya menyerap filosofinya.

Rocky menyakini, Jokowi dipaksa untuk membaca pidato sesuai naskah yang telah disusun oleh timnya meski tidak sesuai dengan kesehariannya.

Rocky mengibaratkan, Jokowi seperti orang menaiki gunung es memakai sandal jepit atau pemain bola memakai sepatu salju.”Jadi ada yang nggak klop antara yang diucapkan dengan keseharian dia,” katanya.

Tak cukup didalam acara TV, lewat akun twitternya Rocky kembali menyindir bahwa pidato Jokowi tersebut tidak otentik.

“Narasi game of thrones. Tapi literasi ikan tongkol. Agak gimana gitu…,” ujar dia.

 

Baca Juga :  PDIP Geram Poster 'Raja Jokowi' Beredar di Jateng

Heni Anggraini

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV