Aksi Galang Dana Pelaku Wisata Bukittinggi untuk Korban Bencana Alam di Sumbar

alreinamedia, Bukittinggi – Pelaku Pariwisata Bukittinggi melakukan penggalangan dana untuk korban banjir di Sumatera Barat, hal ini merupakan sebagai bentuk rasa solidaritas peduli terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana alam itu.

Aksi peduli ini merupakan gabungan dari beberapa organisasi, meliputi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asosiasi Profesional Pariwisata Indonesia (ASPPI), Indonesia Chef Association (ICA), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Association of the Indonesian ToursTravel Agencies (ASITA), Bukittinggi Pers Club (BPC) dan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).

Bacaan Lainnya

Koordinator aksi Yarno Malin, Selasa (16/10/2018), mengatakan, aksi peduli dengan cara menggalang dana itu, dimulai hari ini hingga Jum’at 19 Oktober 2018 mendatang.

“Penggalangan dilakukan dengan cara mengumpulkan donasi melalui rekening, maupun penggalangan dana lewat kotak sumbangan pada titik strategis persimpangan jalan, objek wisata, pasar, hotel, serta lokasi lain,” ulasnya.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Ajak Seluruh Pihak Berkolaborasi Wujudkan Indonesia Maju ber-SDM Unggul

Menurut Yarno Malin, aksi peduli ini bertajuk “Kita Peduli Kita Berbagi Pray For Sumbar” itu juga mengandeng organisasi wartawan yakni Bukittinggi Pers Club (BPC) Bukittinggi.

“Tujuan dari aksi peduli itu adalah untuk meringankan beban korban yang terdampak bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, terutama di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Pasaman Barat,” jelasnya.

Yarno Malin menambahkan, seluruh dana yang terkumpul akan dibelikan barang kebutuhan pokok, sekolah, serta kebutuhan lain yang dirasa penting, dan setelah terkumpul langsung diantarkan ke daerah terimbas bencana, sehingga penyalurannya tepat sasaran.

Disebutkan, panitia tidak hanya menerima bantuan dalam bentuk uang tunai, jamun juga berbentuk pakaian bekas dan sejumlah barang. Khusus untuk barang, bisa diserahkan ke Fakultas Pariwisata UMSB, yang beralamat di By Pass Aur Kuning dan lewat rekening BNI Syariah atas nama Kita Peduli Kita Berbagi Norek 666.444.5001.

Baca Juga :  Inilah Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021

“Seluruh organisasi pelaku pariwisata bahu membahu mengumpulkan dana. Untuk hotel yang tergabung dalam PHRI kita akan menempatkan dua kotak, satu untuk manajemen dan satu lagi untuk tamu, selain itu disetiap restoran dan penjual kerupuak sanjai juga ditempatkan kotak sumbangan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Bukittinggi Pers Club (BPC) Yursil Masri mengatakan,  kegiatan penggalangan dana yang digagas oleh pelaku pariwisata Bukittinggi ini sangat bermakna, karena merupakan aksi sosial yang bertujuan untuk meringankan beban korban bencana, dan patut ditiru oleh organisasi lainnya.

“Sebagai bentuk partisipasinya, wartawan yang tergabung dalam BPC Bukittinggi juga ikut menggalang dana untuk meringankan beban korban bencana banjir. Seluruh dana yang terkumpul akan disetorkan ke panitia aksi Kita Peduli Kita Berbagi Pray For Sumbar,” ulasnya.

Yursil Masri berharap, dari aksi ini banyak dana yang terkumpul, sehingga bantuan yang diberikan benar-benar dapat meringankan beban korban di daerah terdampak bencana. (Rudi)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV