Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Jenis Sabu

Alreinamedia. Batam. (26/10/18). Pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu bertempat di diruang Opsnal Ditresnarkoba Polda Kepri. Kamis (25/10).

Bahwa pada hari Selasa, 25 September, 2018 sekira pukul 01.15. Wib, anggota Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Kepri melakukan penangkapan terhadap pelaku berinisial MY Alias Y Bin S di Pantai Nongsa Kec. Nongsa Kota Batam. Dikarenakan saat digeledah ditemukan dari dalam tas ransel warna hitam merek The North Face yang dibawa atau disandang dibahunya ditemukan barang bukti antara lain berupa 3 (tiga) bungkusan narkotika jenis serbuk kristal berupa sabu dan saat diinterogasi pelaku MY Alias Y Bin S mengaku memperoleh tas berisikan sabu dimaksud dari seseorang bermisial S di Johor Malaysia dan dibawanya ke Batam melalui jalur laut dengan menumpangi Boat yang mengangkut TKI llegal, kemudian pelaku MY Alias Y Bin S berikut barang bukti Iangsung di bawa ke Kantor Subdit l Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan Iebih lanjut.

Selanjutnya pada hari Selasa, 25, September, 2018, sekira pukul 09.45. Wib, pemeriksaan x – ray Bandara Hang Nadim Batam telah diamankan tersangka A A alias A oleh petugas Bea Cukai, selanjutnya petugas Bea Cukai menyerahkan barang bukti dan tersangka kepada Ditresnarkoba polda kepri kemudian Ditresnarkoba Polda Kepri melakukan pengembangan dan dilakukan penangkapan terhadap tersangka K alias U dan tersangka MS alias S karena diduga melakukan permufakatan tindak pidana narkotika terhadap barang bukti yang disita dari A A alias S. Peran tersangka A A alias A yaitu membawa narkotika jenis sabu dari Batam menuju Medan, peran tersangka K alias U yakni menyimpan narkotika jenis sabu di Iemari pakaian, peran tersangka M S alias S mengambil narkotika jenis sabu, mengemas narkotika jenis sabu dan memberikan narkotika jenis sabu kepada tersangka A A alias A.

Baca Juga :  1 Juni 2020 di Batam, Kasus Baru Positif Covid-19 Bertambah Lagi 12 Orang

Barang bukti dari tersangka MY Alias Y Bin S
1bungkus narkotika jenis sabu yang dibungkus dengan plastik warna kuning emas dan dibungkus kembali dengan menggunakan plastik bening seberat 2.188 (dua ribu seratus delapan puluh delapan) gram, dengan perincian sebagaimana berikut: 46,8 (empat puluh enam koma delapan) gram sabu disisihkan untuk uji puslabfor Polri Cab. Medan;
2 gram sabu dan sisa sabu dari hasil uji puslabfor Polri Cab. Medan untuk pembuktian perkara di Pengadilan;
2.139,2 (dua ribu seratus tiga puluh sembilan koma dua) gram sabu disisihkan untuk dimusnahkan.
1 (satu) bungkus narkotika jenis sabu yang dililit Iakban warna hitam dan dibungkus dengan plastik warna hitam dan dibungkus kembali dengan menggunakan plastik bening seberat 1.185 (seribu seratus delapan puluh Iima) gram, dengan perincian sebagaimana berikut: 34.5 (tiga puluh empat koma lima) gram sabu disisihkan untuk uji puslabfor Polri Cab. Medan;
2 (dua) gram sabu dan sisa sabu dari hasil uji puslabfor Polri Cab. Medan untuk pembuktian perkara di Pengadilan; 1.148,5 (seribu seratus empat puluh delapan koma llma) gram sabu disisihkan untuk dimusnahkan.

1 (satu) bungkus narkotika jenis sabu yang dibungkus dengan plastik bening dan dibungkus kembali dengan menggunakan plastik warna biru seberat 1.003 (seribu tiga) gram, dengan perincian sebagaimana berikut:
31.2 (tiga puluh satu koma dua) gram sabu disisihkan untuk uji puslabfor Polri Cab. Medan;
2 (dua) gram sabu dan sisa sabu dari hasil uji puslabfor Polri Cab. Medan untuk pembuktian perkara di Pengadilan;
969,8 (sembilan ratus enam puluh sembilan koma delapan) gram sabu disisihkan untuk dimusnahkan.

Baca Juga :  Dalam Rangka HUT Ke-75 TNI AL, Segenap Prajurit dan PNS TNI AL Se-Pulau Bintan, Ikuti Tes Rapid

Total barang bukti sabu yang dimusnahkan sejumlah 4.257,5 (empat ribu dun mus Ilma puluh tujuh koma lime) gram.

Barang bukti dari tersangka A A alias A, K alias U, dan MS alias S keseluruhannya sabu sebanyak 2 (dua) bungkus berbentuk kristal dengan berat 995,24 (sembilan ratus sembilan puluh lima koma dua puluh empat) gram, dengan rincian sebagai berikut:
Disisihkan 31,55 (tiga puluh satu koma Iima puluh lima) gram untuk pemeriksaan Laboratorium forensik Medan dengan hasil pemeriksaan positif metamfetamina (sabu);
Sisa 2 (dua) gram dijadikan untuk pembuktian perkara.
Disisihkan 961,69 (sembilan ratus enam puluh satu koma enam puluh sembilan) gram untuk dimusnahkan.

Pasal yang dilanggar :
Pasal 114 ayat (2) dan, atau Pasal 113 ayat (2) dan, atau Pasal 112 ayat (2) Undang Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotlka.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabag Wasidik AKBP. I Nyoman Dewa Negara Sik, di dampingi oleh perwakilan dari BNNP Kepri, Kejaksaan Kota batam, Pengadilan Kota Batam, LSM Granat, staf Bandara Hang Nadim dan pengacara. (Ramadan)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU