Tim F1QR Lanal Batam Amankan 2 Orang Kurir Sabu

Alreinamedia. Batam. (3/2/19). Tim F1QR Lanal Batam dengan KAL Nipah dan Patkamla Sea Rider 2 mengamankan 2 orang pembawa sabu seberat lebih kurang 5 kg dan uang sekitar 40 juta di perairan Nongsa Batam. Rabu (30/1/19).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Batam Kolonel. Iwan Setiawan. SH., dalam jumpa pers menjelaskan awal penangkapan, yang merupakan target operasi Tim F1QR Lanal Batam dan Satgas operasi narkoba bersama dengan BNNP Kepri, yang berawal dari adanya informasi intelijen, tentang dugaan adanya pengiriman barang berupa narkoba jenis sabu dari Malaysia yang akan dikirim menuju Batam.

Selanjutnya Tim F1QR Lanal Batam melakukan pengembangan dan kemudian melaksanakan patroli laut di beberapa titik yang kemungkinan akan di lalui oleh boat pancung yang melintas dari OPL Barat dan OPL Timur menuju Batam, dengan menggunakan 2 KAL yaitu KAL Nipah dan Patkamla Sea Rider 2.

Pada pukul 01.00.Wib.Tim F1QR Lanal Batam mendapat informasi dari intelijen dari Tim yang berada di lapangan bahwa akan ada pengiriman barang berupa narkoba jenis sabu dari Malaysia Timur yang akan di kirim melalui Batam dengan menggunakan sarana boat pancung. Mendapat informasi tersebut Tim F1QR Lanal Batam kemudian melaksanakan patroli sektor penyekatan di laut.

Pukul. 01.00.Wib. Patkamla Sea Rider 2 Lanal Batam bergerak melaksanakan dan pengecekan terhadap perahu – perahu dan boat – boat pancung yang melintas di wilayah Nongsa.

Pukul 04.00.Wib., pada waktu melaksanakan kegiatan patroli Tim F1QR bersama Sea Rider 2 Lanal Batam mendeteksi adanya 1 buah spead viber yang mencurigakan melintas dari Perairan OPL Timur menuju Batam. Patkamla Sea Rider 2 selanjutnya melaksanakan pengejaran (Jarkaplid) terhadap spead tersebut, namun pada saat penjagaan spead boat yang bermesin Yamaha 15 PK berusaha untuk mencoba melarikan diri dari pengejaran Tim F1QR Lanal Batam dengan menambah kecepatan terlihat membuang sesuatu di laut.

Pada pukul 05.30.Wib. Patkamla Sea Rider 2 Lanal Batam berhasil menangkap spead boat tersebut pada posisi koordinat 1. 0 12.776.N-104.0 3.712’E, dilanjutkan dengan pemeriksaan dan oengeledahan terhadap pelaku.

Pada saat di laksanakan pemeriksaan dan penggeledahan didapat pengakuan bahwa tekong spead boat telah membuang barang bukti berupa sebuah handphone dan tas ransel berwarna hitam.

Selanjutnya Tim F1QR Lanal Batam dan pelaku mencari keberadaan tas tersebut. Setelah tas di temukan dilaksanakan pemeriksaan yang kemudian di temukan di dalam tas tersebut berisi narkoba jenis sabu berupa 3 buah paket besar dengan berat @ 1 kg, 3 buah paket sedang dan 15 buah paket kecil.

Pukul 06.00.Wib. Patkamla Sea Rider 2 beserta pelaku dan barang bukti narkoba tiba di Dermaga Lanal Batam untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Kemudian Lanal Batam berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini BNNP Kepri, BINDA Kepri untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Konprensi pers berjalan dengan lancar dihadiri oleh Danlanal Batam dan jajaran, Kepala BNNP Kepri yang di wakili Kabid. Penindakan, BINDA Kepri dan awak media. (Ramadan)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU