Lima Tahun Lebih Didi Menambatkan Mata Pencaharian Melalui Rumput Laut Rengkam

Alreinamedia. Batam. (22/3/19). Tim Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Kodim 0316 Batam, mengangkat kisah seorang nelayan yang menambatkan penghasilan dari rumput laut rengkam.

Bacaan Lainnya

Didi usia 51 tahun salah satu warga nelayan yang menambatkan mata pencaharian melalui rumput laut rengkam yang tumbuh di area karang-karang laut di sekitar pesisir pantai Desa Pasir Panjang. Kec. Galang.

Rengkam dijualnya kepada tauke, untuk memenuhi kebutuhan keluarga, Rengkam di kumpul untuk di jual, dikumpulkan hingga beratnya mencapai 1 ton. Harga perkiloya sekitar Rp.1300 – 1400.

Rumputnya tumbuh sendiri, dan sangat mendukung perekonomian masyarakat nelayan sekitar kampung kami. Rumputnya tumbuh di sekitar karang,

Untuk menggantungkan perekonomian pada rumput laut saat ini sedikit susah jelasnya(Didi) pada tim Satgas TMMD Kodim 0316 Batam, karena kita hanya nelayan kecil, alat untuk melaut juga mahal, hanya menggantungkan dengan semangat dan tepat saja.

Alasan lainnya, banyak nelayan beralih mengumpulkan rengkam adalah karena mulai berkurangnya hasil tangkapan ikan di wilayah laut sekitar, hal ini bisa dikatakan karena polusi minyak yang melanda perairan Kepri sejak beberapa tahun ini.

Hal lainnya lagi yakni rumput laut ini mudah tumbuh dengan sendirinya, yakni 2 sampai 3 bulan setelah dipanen, rumput laut ini akan tumbuh kembali untuk dipanen.

Dalam pemanfaatan rumput, yang kita ambil juga yang telah mengkal, dan yang masih muda dibiarkan untuk panen selanjutnya, sehingga secara kontiniu penghasilan setiap hari dapat berjalan, walaupun saat ini perairan sudah banyak limbah seperti minyak tumpah dan sebagainya. Untuk penjualan rumput laut yang dapat di jual hanya yang kering pada tauke lanjut Didi.

Dengan adanya Tim Satgas TMMD Kodim 0316 Batam sekiranya kami para nelayan dapat bimbingan dan arahan, untuk meningkatkan perekonomian kami tutup Didi. (Ramadan)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU