Tim Satgas TMMD Kodim 0316 Batam Beri Penyuluhan Agama Menghindari Perceraian Berdampak Pada Anak

Alreinamedia. Batam. (24/3/19). Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0316 Batam Beri penyuluhan pada masyarakat di Kec. Galang. Minggu (24/3).

Bacaan Lainnya

Penyuluhan agama pada masyarakat Kec. Galang, di sampaikan oleh Mariono dari Kemenag Batam. Dengan tema ”Menghindari perceraian dan antisipasi untuk menghindari perceraian – perceraian yang tidak diinginkan”.

Dalam penyuluhan, Mariono menjelaskan bahwa angka perceraian untuk sesumatera, Batam merupakan angka paling tinggi oleh sebab itu TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) melakukan penyuluhan kepada warga agar mengantisipasi hal-hal yang dapat menyebabkan perceraian tersebut.

Angka yang melakukan gugatan cerai tahun 2018 diperkirakan sekitar 2. 240 orang, sedangkan yang diputuskan sekitar kurang lebih 1. 740 orang. Jadi menurut data untuk Batam merupakan yang paling tinggi saat ini angka perceraianya.

Dengan hal tersebutlah pihaknya melakukan penyuluhan terkait perceraian dan antisipasi apa untuk menghindari perceraian-perceraian yang tidak diinginkan.

Kalau tidak ada kesalahan fatal antara suami atau istri janganlah melakukan perceraian, kalau bisa menikah itu kita sekali seumur hidup jelas Mariono. Jadi kepada warga yang ingin menggugat cerai agar berpikir panjang terlebih dahulu, jangan hanya karena emosi sesaat membuat keputusan yang salah.

Apalagi yang sudah punya anak, sehingga yang jadi korban ya anak.
Terhadap suami-isteri yaitu bagi bekas suami dan isteri dengan perceraian sudah kehilangan statusnya menjadi duda dan janda. Dampak terhadap anak yaitu anak akan merasa bingung, resah, risau, malu, sedih, dan sering diliputi perasaan dendam, benci, sehingga anak menjadi kacau dan liar.

Dampak terhadap harta kekayaan yaitu adanya pembagian harta bersama. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif. Sebagai penelitian yang bersifat preskriptif, maka penelitian ini mempelajari tujuan hukum, nilai-nilai keadilan, validitas aturan hukum, konsep-konsep hukum dan norma-norma hukum.

Penelitian diskriptif ini bertujuan untuk mendiskriptifkan secara sistematis terhadap
suatu populasi atau daerah tertentu. Penelitian diskriptif dimaksudkan memberi
data awal yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala lainnya.

Selanjutnya Mariono melakukan Analisis data kualitatif adalah suatu cara penelitian yang menghasilkan data-data diskriptif, yaitu apa yang telah dikatakan oleh responden baik secara lisan maupun
secara tertulis dan juga perilakunya secara nyata juga diteliti dan dipelajari sebagai suatu yang utuh.

Dapat disimpulkan bahwa antara kenyataan dengan teori sama yaitu ibu yang berhak mendidik anaknya dan apabila anak telah sedikit mengerti maka anak
dapat memilih dengan siapa dia harus tinggal. Harta kekayaan merupakan hal yang
sangat riskan pembagiannya. Karena keadilan di dalam pembagian harta kekayaan
sulit didapatkan.

Untuk itu Pengadilan atau pihak yang berwenang dapat
melakukan pembagian harta kekayaan sesuai keinginan atau kesepakatan masing-masing, dan tidak merugikan satu sama lain atau saling menguntungkan diantara keduanya.

Sehingga tidak menimbulkan perpecahan diantara keluarga pasangan suami-isteri tersebut. Artinya walaupun mereka sudah resmi bercerai, tetapi mereka
masih menjalin hubungan kekeluargaan yang baik. Harapan kita semua marilah kita bersama menghindari yang namanya perceraian tutup Mariono. (Ramadan)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU