Tougboat Sei Deli III Bawa BBM Sebenarnya Untuk Kapal Tunda

Alreinamedia. Batam — General Manager PT Pelindo 1 Batam Capt Pasogit Satrya S, menjelaskan tentang penangkapan Tougboad Sei Deli III milik Pelindo 1 Batam oleh Kanwil DJBC Kepri pada hari Rabu (20/1/2020), tougboad Sei Deli III sedang membawa minyak illegal dan diduga akan di jual ke negara Singapura itu tidak benar.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dikatakan Pasogit pada media, Kamis (23/1) bahwa tugas dan fungsi Pelindo 1 Batam tersebut ada beberapa item diantaranya adalah sebagai mobile bergerak di laut untuk melakukan pendistribusian berupa minyak, air bersih, bahan pokok, penimbunan barang, jasa kepelabuhanan dan lain sebagainya. Itu telah diatur dalam UU 113 tahun 2016.

Berdasarkan hal tersebut diatas bahwa Pelindo 1 Batam juga melaksanankan kapal tunda. Oleh karena itu dalam mengoprasikan kapal tunda tersebut Pelindo melakukannya dengan mobile, dan bukan sekedar itu saja namun bisa juga bergerak ke area kerja yang di kelola Pelindo, termasuk di perairan pulau Nipah ungkapnya dan itu sudah diatur oleh Menteri Perhubungan, secara kerja Pelindo 1 Batam, Capt Pasogit membenarkan Pelindo sudah mengikuti standar operasional perusahaan.

Dan area labuh juga sudah di tetapkan PLB (Pelabuhan Berikat) ya oleh Menteri Keuangan melalui keputusan Menteri keuangan sebagai pelabuhan berikat.

Senada dengan hal diatas bahwa untuk kebutuhan kapal tunda kami yang ada di perairan perbatasan itulah dilakukan pendistribusian berupa minyak, air bersih, bahan pokok, dan lainya yang diperlukan kapal tersebut.

Perlu diketahui bersama minyak yang di suling ke kapal adalah untuk keperluan sendiri bukan seperti berita sebelunya untuk di jual kepada negara Singapura tegasnya dan ini memang dilakukan Pelindo tanpa manifes yang telah dilakukan sebelumnya dan sampai saat ini itu masih perdebatan Pelindo dan Bea Cukai. Mungkin ini adalah hal yang baru kita tunggu saja pihak Bea Cukai untuk melakukan penyelidikan imbuhnya ditempat yang sama.

Dalam proses penahan tougboad Sei Deli III yang dilakukan kapal patroli Kanwil DJBC Kepri saat ini telah dilimpahkan pada KPU Bea Cukai Tipe B Batam dan imeznya Pelindo di mata masyarakat negatif.

Untuk diketahui tougboad Sei Deli III yang disegel Bea Cukai saat ini banyak pengertianya, diantaranya bahwa tougboad Sei Deli III ini masih dalam proses penyelidikan,

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tipe B Batam Sumarna saat di konfirmasi Kamis (23/1) membenarkan adanya penahan tougboad Sei Deli III, dan kita masih menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan Bidang Penindakan dan Penyidikan jelasnya, sejauh ini pihak Bea Cukai Tipe B Batam masih berkoordinasi dengan Kanwil DJBC Kepri, dan apa bila telah ada titik terang dalam penyelidikan yang dilakukan, Bea Cukai Batam akan mengadakan konferensi pers secepatnya agar persoalan ini lebih jelas tutupnya. (Ramadan)

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU