Prajurit Puslatmar Kodiklatal Latihan Selam Dasar dan Possi di Pasir Putih Situbondo

Situbondo –Sebagai prajurit matra laut, banyak cara untuk meningkatkan kemampuan di laut salah satunya yang dilakukan Prajurit Pusat latihan Marinir (Puslatmar) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal) yang menggelar latihan Selam Dasar (Scuba) bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Possi) Jawa Timur. Kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Pasir Putih Situbondo Jawa Timur tersebut dipimpin langsung Komandan Puslatmar Kolonel Marinir Kresno Pratowo pada Selasa (04/02).

Selain Komandan Puslatmar Kolonel Marinir Kresno Pratowo turut hadir dalam latihan tersebut Para Komandan Satuan pelaksana (Dansatlak) Puslatmar serta perwira, Bintara dan Tamtama Puslatmar. Selain itu hadir pula perwakilan pengurus Possi Jawa Timur. 

Bacaan Lainnya

Komandan Puslatmar Kodiklatal Kolonel Marinir Kresno Pratowo disela –sela pelaksanaan latihan menyampaikan sebelum melaksanakan penyelaman dilaut, para personel yang terlibat dalam latihan selam dasar ini sebelumnya sudah mendapatkan pelajaran teori dan praktek penyelaman yang dilaksanakan di kolam Divink Tank.

Menurutnya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan selam dasar di bawah laut bagi para prajurit Puslatmar dengan cara mempraktekkan langsung metode penyelaman di laut. Selain itu dalam latihan ini juga mempraktekkan apabila terjadi kedaruratan dalam penyelaman.

Pamen melati tiga yang juga anggota  Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) ini menyampaikan bahwa   Puslatmar merupakan satuan pelaksana Kodiklatal dibidang latihan yang mengemban tugas untuk membentuk pengawak organisasi Korps Marinir yang profesional, Latihan selam dasar ini salah satu program Puslatmar yang masuk dalam materi latihan khusus.

Dirinya berpesan agar para prajurit Puslatmar mampu menunjukkan sebagai seorang pelatih atau Instruktur yang berkarakter, handal serta mencerminkan seorang pelatih yang mampu mewujudkan dan mengasah naluri tempur Prajurit Kirps Marinir agar terbentuk sikap tanggap, tanggon dan trengginas yang dimiliki setiap prajurit yang dilatihnya. 

Selain itu tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan para prajurit Puslatmar dalam kemampuan selam dasar agar mampu mendukung tugas pokok organisasi, sehingga terwujud persamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam melatih para prajurit matra laut yang dapat dihandalkan dalam mengemban tugas.

Danpuslatmar juga berharap kepada para prajurit Puslatmar agar dapat mengikuti latihan tersebut dengan maksimal, sehingga dapat diaplikasikan dengan baik dan bermanfaat untuk tugas-tugas di kedinasan. “Semakin sering kita latihan maka kesiapsiagaan sebagai prajurit akan semakin baik, karena akan membuat kita merasa lebih terbiasa menguasai keadaan saat berada di bawah air, sehingga segala masalah yang timbul saat menyelam dapat teratasi dan skill penyelaman terasah dengan baik”, tambahnya.

Acara latihan selam dasar para personel Puslatmar ditutup dengan upacara pembrian Brevet selam dasar (scuba diver) dan Possi oleh Danpuslatmar Kolonel Mar Kresno Pratowo dan Bapak H. Hintono perwakilan dari Possi Jawatimur.(Mansyur)

 

Kodiklatal

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU