Jasa Medis jadi Sektor Strategis Dongkrak Ekonomi Batam Tahun 2020

BATAM- Potensi jasa kesehatan menduduki andil besar mampu dongkrak perekonomian di Batam. Peluang besar sudah terbukti, dimana arus pasien ke Luar Negeri mencapai ratusan ribu orang terutama, Johor Malaysia dan Negara Singapura.

Wakil BP Batam, Purwiyanto

Menurut Wakil BP Batam, Purwiyanto menyampaikan, Pada periode 2017 wisata medis ke Singapura, bernilai 900 Juta US Dolar, dan 50 persennya, adalah pasien dari Indonesia.

Bacaan Lainnya

Ia menerangkan, melihat kondisi tingginya angka pasien yang masuk ke Negara yang langsung berbatasan dengan Batam dan Kepulauan Riau bisa menjadi target investasi Batam selama setahun.

“Potensi Jasa Kesehatan sangat besar, arus pasien ke luar Negeri mencapai ratusan ribu orang, terutama ke Johor dan Singapura, Pada periode 2017 wisata medis ke Singapur, bernilai 900 Juta US Dolar, kemudian 50 persennya, adalah pasien Indonesia. Ini merupakan target Investasi Batam setahun, “jelasnya.

Purianto dalam pidatonya juga menegaskan, di Tahun 2017, kunjungan medis ke Malaysia sebagaimana kujungan pasien dengan nilai total dari medis transportasi, akomodasi dan rekreasi mencapai 1.281 Milyar US Dolar hingga 1 Triliun US Dolar per tahunnya.

Lanjutnya, angka tersebut, 60 persennya berasal dari Indonesia, bahkan tahun 2020 ini Malaysia menargetkan wisata medisnya sebesar 2 juta pasien dan diantaranya ditargetkan, pasien tersebut berasal dari Indonesia.

“Apakah bapak ibu mengetahui 95 persen pasien berasal dari Indonesia, “terangnya.

Tuturnya lagi, Besarnya potensi medis yang terbesar akan membawa dampak defisit yang berpeluang dan harus dimanfaatkan oleh Batam.

“Pengembangan sektor jasa kesehatan Internasional adalah suatu sektor strategis yang dapat memberikan kontribusi besar untuk meningkatkan ekonomi Batam. Bukan hanya untuk Batam tetapi untuk Indonesia, “tutupnya.

Penulis : IKA

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU