Manunggal Dengan Rakyat, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Ajak Warga Bergotong-royong

¬†JAMBI, –¬†Kemanunggalan TNI-Rakyat kembali diperlihatkan Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif R 142/KJ dalam kegiatan gotong-royong bersama masyarakat saat membersihkan lingkungan sekitar Desa Maumutin Kecamatan Haikesak Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

“Kegiatan gotong-royong merupakan suatu kegiatan yang sangat positif, selain menjaga kebersihan lingkungan, melalui kegiatan gotong-royong ini kami berharap lebih mendekatkan Institusi TNI dan masyarakat, sehingga dapat mempererat tali silaturahmi yang telah terjalin dengan baik selama ini antara Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dengan masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste.”

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam Rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Minggu (23/2/2020).

Lebih lanjut Letkol Inf Ikhsanudin mengatakan bahwa kegiatan gotong-royong bersama masyarakat tersebut dipimpin oleh Serda Putut Waskito selaku Wadanpos Turiscain bersama 5 orang personel lainnya serta anggota Polsek Haikesak Brigpol Yusran selaku Babinkamtibmas Desa Maumutin.

Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ mengajak kurang lebih 30 orang warga dari seluruh lapisan masyarakat di Desa Maumutin, secara bersama-sama melaksanakan kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan di sekitar lapangan Desa Maumutin yang menjadi tempat pusat olahraga.

“Kegiatan Karya Bakti berupa gotong-royong seperti ini tidak hanya kami laksanakan di tempat olahraga saja, tetapi kami lakukan juga disemua sarana dan prasarana umum seperti Puskesmas, Posyandu, sekolah-sekolah, rumah adat, pasar dan jalan-jalan yang ada di sekitar wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste,” papar Letkol Inf Ikhsanudin.

Personel kami yang berada di pos-pos disepanjang sektor timur garis perbatasan dan Kepala Desa, Ketua Adat serta Kepala Dusun di wilayah pos masing-masing telah sepakat untuk melaksanakan pembersihan secara rutin.

“Sehingga harapan kami dengan kegiatan seperti ini dapat tercipta kebersihan, kesehatan dan suasana yang nyaman bagi masyarakat perbatasan Indonesia – Timor Leste,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

Sementara itu, Bapak Dani (42) selaku Ketua RT (Rukun Tetangga) Desa Maumutin mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang selalu siap membantu dan peduli terhadap desanya.

Saya mewakili masyarakat Desa Maumutin mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak TNI, khususnya yang berada di Pos Turiscain, kami sangat senang dan bangga sekali berkat adanya kegiatan kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Semoga masyarakat menjadi lebih peduli dan termotivasi untuk selalu hidup dengan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga kehadiran Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ memberikan dampak positif bagi warga Desa Maumutin,” ungkap Dani.

Di tempat yang sama, Bapak Anis Vicente (46) selaku Ketua Adat Desa Maumutin menyampaikan tanggapannya atas kegiatan gotong-royong bersama personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ.

“Suasana di sini menjadi ramai dan kami selaku warga lebih semangat bekerja, sehingga kami melaksanakan pembersihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan cepat selesai,” tambah Anis Vicente.

Terpisah, Serda Putut Waskito selaku Wadanpos Turiscain menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan gotong-royong tersebut bertujuan untuk menciptakan kebiasaan terhadap warga agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan bersih, baik di lingkungan rumah tangga, tempat ibadah, sekolah maupun pekarangan lingkungan rumah masing-masing.

“Kehadiran kami selaku Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste adalah untuk membantu rakyat dalam bidang apapun, karena wujud nyata pengabdian kami adalah berbaur dan membantu kesulitan bersama rakyat, kami juga yakin bahwa TNI kuat bersama Rakyat,” tandas Putut.

Pos terkait