Presiden Jokowi: Ibunda Sudjiatmi Meninggal Dunia, 4 Tahun Melawan Kanker

Advertising

Duka sedang menyelimuti keluarga besar Presiden Joko Widodo atau Jokowi, atas meninggalnya sang ibu, Sudjiatmi Notomiharjo, Rabu (25/3/2020).

Ibunda Presiden Jokowi mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Tentara Slamet Riyadi atau RS DKT Solo, Rabu sore pukul 16.45 WIB.

Bacaan Lainnya

Dalam konferensi pers yang digelar di rumah duka Jalan Pleret Raya nomor 9A, Sumber, Banjarsari, Solo, Presiden Jokowi mengatakan ibunya sudah empat tahun menderita kanker.

“Tadi sore pada jam 16.45 WIB, telah berpulang kehadirat Allah SWT, ibunda kami. Ibu Sudjiatmi Notomiharjo. Yang kita tahu bahwa ibu ini sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker dan sudah berobat,” jelas Presiden Jokowi seperti diberitakan Solopos.com–jaringan Suara.com.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan pihak keluarga telah melakukan berbagai cara untuk mengobati sang bunda,

“Kita semua berusaha, berikhtiar, berobat. Utamanya di RSPAD Gatot Subroto. Tetapi memang Allah sudah menghendaki,” terang Presiden Jokowi.

“Atas nama keluarga besar saya ingin memohonkan doa agar segala dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan husnulkhotimah,” sambung dia.

Jenazah ibu Presiden Jokowi saat ini disemayamkan di rumah duka. Rencananya jenazah dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Kamis (26/3/2020) siang pukul 13.00 WIB.

Sudjiatmi Notomiharjo adalah orang yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi tak pernah luput meminta restu sang ibu setiap kali hendak maju kontestasi politik di pilkada hingga terakhir pilpres 2019.

Bahkan, wanita kelahiran 15 Februari 1943 itu juga sempat memberikan restu kepada Gibran Rakabuming Raka yang hendak maju di Pilkada Solo. Restu tersebut diberikan pertengahan Desember 2019.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan, Sudjiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yang wafat Rabu (25/3/2020), bukan dikarena virus corona Covid-19.

“Ibu Noto wafat tidak terkait Covid-19,” kata Teten melalui telepon dalam acara Metro TV, Rabu sore.

Namun, Teten tak menyebutkan penyebab meninggalnya Sudjiatmi. Ia hanya mengatakan Sudjiatmi wafat karena hal lain.

“Ya intinya bukan karena corona,” kata dia.

Pos terkait