Mohon Maaf, Pelanggan 900 VA dengan Kode R1M Tak Dapat Diskon…

ALREINAMEDIA.COM, – PT PLN (Persero) mulai memberikan potongan sebagian tagihan listrik kepada pelanggan golongan rumah tangga kapasitas 900 Volt Ampere (VA), terhitung sejak 1 April 2020.

Namun, mengacu kepada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020, pemberian diskon sebesar 50 persen hanya diberikan kepada pelanggan golongan 900 VA selama ini mendapat subsidi dengan kode R1.

Bacaan Lainnya

PT PLN (Persero) mencatat, sampai dengan Desember 2019, jumlah pelanggan subsidi golongan 900 VA sebanyak 7.290.720 pelanggan. Pelanggan subsidi tersebut ditentukan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah Anda termasuk golongan subsidi atau tidak?

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pelanggan golongan 900 VA dapat mengetahui apakah tergolong subsidi atau non subsidi dengan mengecek struk tagihan atau token listrik yang sebelumnya sempat dibayarkan.

Apabila pelanggan membeli token listrik, lalu di dalam struk nya tercantum tulisan kode R1M, maka ia termasuk ke dalam pelanggan non subsidi atau mampu. Dengan demikian, pelanggan tidak mendapat diskon sebesar 50 persen.

“Kalau ada pelanggan meihat struknya pas beli token ini kodenya ada R1M.  M ini artinya mampu berarti walau 900 VA. Mohon maaf, yang R1M, non subsdi memang mampu, saat ini tidak eligible untuk mendapatkan diskonnya,” ujar Darmawan dalam video conference, Jumat (3/4/2020).

Hal serupa juga berlaku pada pelanggan pascabayar golongan 900 VA.

“Pelanggan pascabayar kalau dilihat struknya ada R1M, mampu, ini non eligible mendapatkan insentif pemerintah sampai saaat ini,” katanya.

Dengan demikian, pelanggan golongan 900 VA yang berhak mendapatkan diskon adalah pelanggan dengan kode R1 (subsidi) dalam tagihan listrik dimiliki.

Pos terkait