Disdukcapil Siapkan Nomor Whatsapp Khusus untuk Pelayanan Administrasi Kependudukan

Sejak munculnya kasus corona virus disease (Covid-19) di Batam, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam telah mengurangi aktivitas pertemuan antar individu. Ini sejalan dengan anjuran pemerintah untuk melakukan social dan physical distancing dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19.

Pelayanan Disdukcapil yang biasanya tatap muka pun dialihkan ke sistem daring (online) melalui https://www.disdukcapilbisa.batam.go.id. Guna memudahkan layanan pengurusan berkas kependudukan, Disdukcapil juga menyiapkan sarana berupa nomor Whatsapp khusus.

โ€œKemarin kami sudah buka online. Namun sepertinya masyakarat ada yang kesulitan untuk mendaftar online, jadi kami coba buka melalui Whatsapp,โ€ kata Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar di Sekupang, Senin (13/4).

Disdukcapil Batam menyiapkan nomor berbeda untuk tiap layanan administrasi kependudukan. Tujuannya agar memudahkan petugas dalam memproses berkas yang masuk.

Nomor yang disiapkan untuk ๐ฉ๐ž๐ง๐ ๐ฎ๐ซ๐ฎ๐ฌ๐š๐ง ๐š๐ค๐ญ๐š ๐ฅ๐š๐ก๐ข๐ซ yaitu ๐ŸŽ๐Ÿ–๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ”๐Ÿ‘๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ—๐Ÿ•. Kemudian untuk ๐ฉ๐ž๐ง๐ ๐ฎ๐ซ๐ฎ๐ฌ๐š๐ง ๐Š๐“๐-๐ž๐ฅ๐ž๐ค๐ญ๐ซ๐จ๐ง๐ข๐ค bisa mengontak nomor Whatsapp ๐ŸŽ๐Ÿ–๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ•๐ŸŽ๐Ÿ๐ŸŽ๐ŸŽ๐Ÿ’๐Ÿ‘๐Ÿ.

Selanjutnya akta kematian dan ๐ฉ๐ž๐ง๐ ๐ž๐ฌ๐š๐ก๐š๐ง ๐š๐ง๐š๐ค ke nomor ๐ŸŽ๐Ÿ–๐Ÿ๐Ÿ‘๐Ÿ•๐Ÿ๐Ÿ—๐Ÿ๐Ÿ–๐Ÿ•๐Ÿ–๐Ÿ‘. Serta ๐š๐ค๐ญ๐š ๐ฉ๐ž๐ซ๐ค๐š๐ฐ๐ข๐ง๐š๐ง ๐๐š๐ง ๐ฉ๐ž๐ซ๐œ๐ž๐ซ๐š๐ข๐š๐ง bisa melalui nomor ๐ŸŽ๐Ÿ–๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ•๐ŸŽ๐Ÿ๐ŸŽ๐ŸŽ๐Ÿ’๐Ÿ‘๐Ÿ.

โ€œSilakan masyarakat pilih nomor yang sesuai untuk layanan yang dibutuhkan. Kelengkapan berkas bisa dikirim saat pengajuan tersebut,โ€ pesannya.

Terkait perekaman KTP-elektronik, Said mengatakan untuk sementara masih ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini dikarenakan jarak antara pemohon dan petugas cukup dekat saat perekaman data biometrik. Sehingga berisiko terjadi kontak langsung antar individu.

โ€œKami harap masyarakat bersabar. Untuk yang urgent (darurat) kami usahakan beri pelayanan. Intinya kami tetap utamakan pelayanan ke masyarakat,โ€ tuturnya.

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU