[HOAKS] Relawan Uji Coba Vaksin Corona Meninggal Dunia

Penjelasan :

Beredar kabar di media sosial dan di sebuah laman pemberitaan daring  bahwa seorang relawan uji coba vaksin Virus Corona atau Covid-19 bernama Elisa Granato meninggal dunia. Elisa Granato menjadi salah satu orang pertama yang ikut dalam percobaan untuk vaksin Covid-19 di Universitas Oxford pada 23 April 2020. Dijelaskan bahwa ia kemudian mengalami komplikasi beberapa jam setelah vaksin dimasukkan ke tubuhnya. Dua hari kemudian nyawanya tak terselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia.

Bacaan Lainnya

Faktanya, dikutip dari Snopes.com, kabar terkait meninggalnya relawan uji coba vaksin Virus Corona tersebut tidak benar. Berdasarkan hasil penelusuran ditemukan fakta bahwa Elisa Granato masih hidup. Ia bahkan menambahkan kalimat “100 persen hidup” di username akun Twitternya untuk membantah kabar yang beredar. Kantor berita University of Oxford juga memberikan konfirmasi pada Reuters bahwa Elisa Granato masih hidup dan baik-baik saja.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

https://www.snopes.com/fact-check/elisa-granato-trial-covid-19-vax/

https://depok.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-09373505/cek-fakta-gagal-relawan-uji-coba-vaksin-virus-corona-meninggal-dunia-simak-faktanya

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU