Pemprov Bengkulu Siapkan Anggaran Rp37 M untuk Penanganan Covid-19

Bengkulu, – Dalam refocusing anggaran tahap awal, Pemprov Bengkulu telah menyiapkan Rp37 miliar untuk digunakan dalam penanganan Covid-19 termasuk untuk dampak sosialnya.
Hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, usai Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD Provinsi Bengkulu Terhadap LKPJ Gubernur Bengkulu Tahun 2019 melalui Virtual Meeting, Kamis (30/4/2020).
Gubernur Rohidin menjelaskan bahwa, penganggaran yang dilakukan telah proporsional karena nilai nominal APBD Bengkulu memang termasuk 5 Provinsi terendah dengan total APBD nya. “Untuk itu kita proporsional juga ketika mengalokasikan untuk Covid, tidak mungkin kita 5 terkecil terus masuk 5 terbesar dalam penganggaran,” papar dia.
Gubernur menekankan bahwa tingginya anggaran Covid-19 ada pada infrastruktur seperti rumah sakit, ruang perawatan, peralatan sedangkan Pemprov Bengkulu sendiri telah tersedia dengan cukup.
Di sisi lain dampak sosial yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19 ini lah yang paling dirasakan oleh masyarakat, berkurangnya hasil mata pecarian bahkan PHK. Untuk itu perlu dukungan dari semua kepala daerah untuk sama – sama membantu masyarakat.
“Yang dirasakan sekarang adalah kebutuhan untuk dampak sosial ekonomi, di sini perlu peran serta dari 9 bupati dan 1 wali kota untuk bersinergi di wilayah kerja masing-masing dan Pemprov akan mendukung dari sisi anggaran,” jelas Rohidin.

Pos terkait

ALREINAMEDIA TV

BERITA DAERAH TERBARU