RSUD Kaimana: Pengambilan Sumpah Profesi Keperawatan Oleh PPNI Provinsi Papua Barat

Peserta Pengambilan Sumpah Profesi Keperawatan Kabupaten Kaimana (Foto: Imran Alwi)

ALREINAMEDIA.COM, KAIMANA – Meski ditengah-tengah pandemi Covid-19, Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Kaimana telah menggelar kegiatan pengambilan sumpah profesi keperawatan kepada 150 petugas kesehatan oleh panitia Profesi Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Papua Barat.

Pengambilan sumpah profesi ini dilakukan secara Zoom (Vicon-red) yang disambungkan secara langsung bersama panitia PPNI wilayah Kabupaten Sorong, bertempat diruang Akreditasi RSUD Kabupaten Kaimana, Rabu (23/09/2020) sekira pukul 10.00 WIT.

Bacaan Lainnya

Kepala Kesehatan dan Kebidanan Rumah Sakit Umum Daerah Kaimana, Ns. Anselmus Oron, S.Kep saat dikonfirmasi setelah mengikuti kegiatan sumpah profesi keperawatan tersebut, dia mengatakan, kegiatan sumpah profesi ini diikuti oleh seluruh perawat yang sudah menyelesaikan pendidikan perawatnya.

“Sumpah profesi ini terdiri dari D3, D4, dan Ners brean profesi. Program ini adalah program baru untuk perawat yang lulusan di atas 2014 keatas, yang mana ini sudah langsung dari kampus masing-masing sudah melakukan sumpah profesinya, ujarnya.

Anselmus Oron menambahkan, sedangkan untuk tahun 2014 kebawah sementara ini belum ada, jadi kebanyakan perawat-perawat dari rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kaimana sini tamatan yang dibawah 2014 itu belum ada sumpah profesinya.

“Jadi pada saat ini yang dilakukan dari Profesi Perawat Nasional Indonesia (PPNI) telah melakukan pengambilan kembali untuk perawat yang lulusan 2014 kebawah, itu akan dilakukan pengambilan sumpah profesinya,” pungkasnya.

“Sumpah profesi ini juga berguna untuk perawat ketika dia nanti mengurus kegiatan-kegiatan profesinya yang mana salah satunya dia harus mendapatkan surat ijin praktek (STR) yang mana dia juga harus mempunyai surat lafal janji profesi seperti ini,” ujar Anselmus Oron.

Dari data yang telah dihimpun awak media alreinamedia.com ini, diketahui bahwa sumpah profesi keperawatan tersebut sebanyak 150 orang, yang mana untuk wilayah Kabupaten Kaimana sendiri bejumlah 150 orang yang terbagi menjadi dua, yaitu rumah sakit dan puskesmas, dan untuk rumah sakit sendiri yang hari ini mengambil sumpah profesinya sebanyak 82 orang.

Pengambilan sumpah profesi keperawatan tersebut berjalan dengan penuh hikmah dan diakhiri dengan menyanyikan lagu tanah Papua oleh semua peserta pengambilan sumpah profesi. (Alwi)

Pos terkait