3 Tips Memanfaatkan Tomat Sebagai Skincare Alami

  • Whatsapp

Ada banyak bahan dapur yang ternyata dapat kita manfaatkan sebagai produk skincare lho Bun. Selain lemon, teh, atau lidah buaya, tomat juga memiliki kandungan yang dapat menutrisi kulit. Apalagi jika ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut tips memanfaatkan tomat dan beberapa bahan tambahan lainnya sebagai skincare masker yang dapat merawat dan menutrisi kulit wajah:

Read More

1. Mengatasi komedo membandel

Saat ini kunyit terbukti semakin banyak memiliki manfaat selain menjadi bumbu olahan masakan. Dengan antioksidan yang dikandungnya, tentunya sangat baik jika digunakan untuk merawat kulit.

Menggabungkan manfaat tomat dan kunyit sangat baik untuk detoksifikasi kulit, terutama untuk mengatasi masalah komedo yang membandel.

Baca Juga :  5 Tahap Berbuka Puasa Sehat, Mulai dari Minuman, Buah dan Karbo

Caranya, Bunda bisa mencampurkan 2 sdt tepung beras dengan 1/4 sdt bubuk kunyit. Lalu tambahkan jus tomat dan aduk merata. Setelah campuran telah terlihat merata, oleskan campuran tersebut ke wajah sambil dipijat di zona T yang menjadi tempat komedo berkumpul.

2. Mencerahkan kulit

Memanfaatkan tomat dan mentimun sebagai masker dapat mengatasi kulit dengan bekas luka, kemerahan, gatal, serta menjaga wajah agar bebas jerawat dan berminyak.

Mentimun yang kaya akan antioksidan membantu menyeimbangkan tingkat pH pada kulit. Dengan begitu mentimun juga mampu mengencangkan kulit, dan mengecilkan pori-pori sehingga kulit dapat terlihat t bersinar alami.

Caranya, Bunda bisa memilih tomat yang telah matang, lalu dihancurkan. Setelah hancur, campurkan dengan jus mentimun dan oleskan langsung pada kulit wajah.

Diamkan dahulu selama beberapa saat, lalu bersihkan menggunakan kapas setelah kulit benar-benar kering.

3. Melembapkan kulit wajah

Jika Bunda memiliki jenis kulit kombinasi (kering-berminyak), maka tomat yang memiliki sifat astringen akan membantu menghilangkan minyak berlebih di kulit, sementara alpukat dapat membantu melembapkan dan menutrisi pada kulit yang kering. Selain itu, keduanya mengandung vitamin C dan E yang efektif dalam memperlambat penuaan pada kulit.

Baca Juga :  Ini 7 Mitos yang Nggak Enak yang Berkaitan dengan Rumah

Bunda cukup menghancurkan keduanya hingga halus, lalu oleskan pada wajah. Sebaiknya dilakukan secara rutin pada malam hari ya bun. Ini berguna untuk menghilangkan segala macam kotoran yang telah terakumulasi sepanjang hari pada wajah.

Jika Bunda mendapatkan hal yang tidak normal pada kulit setelah memakai skincare masker dengan bahan-bahan tersebut, segera hentikan ya Bun. Meskipun bahan yang digunakan alami, tetap saja terdapat beberapa jenis kulit yang tidak cocok.

“Bahan alami pun bisa menunjukkan adanya reaksi, sebab setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda,” ucap ahli dermatologi, Jennifer Chwalek, MD,.

ALREINAMEDIA TV

  • Whatsapp

Related posts