Buka Keterisolasian Wilayah, Inilah Progres Pembangunan Jalan Trans Papua

  • Share

Stafsus Presiden Billy Mambrasar saat meninjau progress pembangunan Jalan Trans Papua. (Foto: Tim Stafsus Presiden Billy Mambrasar)

banner 336x280

Pemerintah tengah membangun Jalan Trans Papua sepanjang 3.462 kilometer yang membentang dari kepala burung di Wilayah Adat Domberai, Sorong, Papua Barat, sampai dengan Bumi Anim Ha di Merauke Papua. Pembangunan infrastruktur ini termasuk ke dalam proyek strategis nasional (PSN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Presiden Jokowi mulai tahun 2015 mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Tanah Papua dengan terus mengerjakan pembangunan jalan Trans Papua yang terbentang sepanjang 3.462 kilometer,” ungkap Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/09/2021).

Pembangunan Jalan Trans Papua ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dengan meningkatkan akses serta konektivitas antarwilayah sehingga dapat membuka daerah yang terisolasi. Selain itu, pembangunan Trans Papua juga diharapkan dapat mengurangi indeks kemahalan, mengurangi angka kemiskinan, dan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga :  Gubernur Nurdin Basirun Resmi Buka Kegiatan TMMD di Wilayah Kodim 0315/Bintan

“Menghubungkan Provinsi Papua dan Papua Barat sekaligus menjadi konektivitas seluruh kota, distrik, dan kampung di seluruh Tanah Papua,” imbuh Billy.

Stafsus Presiden yang merupakan putra asli Papua ini mengungkapkan bahwa dirinya diamanatkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk meninjau secara langsung perkembangan pembangunan Jalan Trans Papua ini.

“Sampai saat ini, perkembangan Trans Papua sudah tembus sepanjang 3.446 kilometer dan akan terus berlanjut diiringi dengan pembangunan sekolah, perguruan tinggi, tempat keagamaan, Pusat Lintas Batas Negara (PLBN), dan sebagainya,” ungkapnya.

Lebih jauh Billy mengisahkan, sejak Juni 2021 dirinya bersama Tim BAPER (Bawa Perubahan) telah melakukan sejumlah kunjungan di Tanah Papua, melintasi dua provinsi (Papua dan Papua Barat), 15 kabupaten, 66 distrik, dan 278 kampung.

Baca Juga :  Indonesia Kembalikan Buron Kasus Narkoba ke Korsel

Tak hanya meninjau progres pengerjaan Jalan Trans Papua, dalam kunjungan kerja ini Billy juga melakukan sejumlah agenda lainnya, di antaranya peluncuran Program Petani Milenial, peninjauan vaksinasi, pertemuan dengan pemerintah daerah, hingga mendengar langsung keluh kesah masyarakat untuk disampaikan ke Presiden Joko Widodo.

“Kita semua berharap, Papua berkembang layaknya daerah maju lainnya. Ayo bersama-sama kita wujudkan itu semua!” pungkas Billy. (TIM KOMUNIKASI STAFSUS PRESIDEN BILLY MAMBRASAR)

The post Buka Keterisolasian Wilayah, Inilah Progres Pembangunan Jalan Trans Papua appeared first on Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share