Kasus Tindak Pidana Pencucian Uang Yang Berasal Dari Tindak Pidana Narkotika Tersangka Muhammad Adam

  • Whatsapp

Alreinamedia. Batam — Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI Drs. Arman. Depari menjelaskan tentang Kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (KTPPU) sejumlah Rp. 28 milyar, oleh tersangka saudara Muhammad Adam. Bertempat Perumahan Sukajadi. Jalan Palem Ratu. No. 39. Kec. Batam Kota. Kota Batam. Kamis (29/8/2019).

Read More

Konferensi pers yang di pimpin oleh Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI Drs. Arman Depari menyampaikan progres pengembangan tindak pidana narkotika dan asalnya, penyalagunaan narkoba dan diikuti tindak pidana pencucian uang, beberapa waktu yang lalu bersama dengan Kepolisian dan Bea Cukai dan juga BNNP Kepri, telah melakukan serangkaian kegiatan pemberantasan dan pemutusan jaringan narkotika yang berasal dari Malaysia.

Merak Banten dan tujuan Jakarta pada kesempatan itu Bandar Narkotika Nasional dan tim melakukan penangkapan beberapa orang di dua tempat sekaligus Jambi dan wilayah Merak Banten.

Dari penindakan ini BNN berhasil menindak sabu seberat lebih kurang 42 kg, dari sebuah kendaraan yang sewaktu itu di bawa melalui jalur darat dari Jambi menuju Jakarta, penangkapan pertama jelas Arman Depari dilakukan di Pelabuhan Merak Banten, kemudian melanjutkan penangkapan beberapa orang tersangka di Jambi, menyita barang narkoba jenis ektasi sejumlah lebih kurang 31.000, pil ektasi.

Baca Juga :  Ipmkob Pekanbaru Resmi Dikukuhkan

Kemudian dilakukan penangkapan ternyata mereka ini memang satu jaringan yang di kendalikan dari Lapas di Banten yaitu saudara Adam.

Muhammad Adam merupakan salah satu residivis yang melakukan berulang – ulang kejahatan tindak pidana yang sama, ia melakukan kejahatan semenjak tahun 2000 dan sudah melakukan penyeludupan narkoba dari Malaysia ke Indonesia.

Yang terahir sebelum dilakukan penangkapan ungkap Arman Depari pada minggu yang lalu yang bersangkutan juga pernah di tangkap oleh Badan Narkotika Nasional dengan barang bukti hampir 100 kg sabu dan lebih kurang 50.000., ektasi, atas perbuatanya Adam kemudian di jatuhi hukuman oleh Pengadilan Negeri memponis hukuman mati, kemudian dikuatkan di tingkat Mahkamah Agung Adam hanya jatuhi hukuman 20 tahun penjara saja tegas Arman Depari sekali lagi.

Pada saat kita lakukan penjemputan lanjut Arman Depari, pada Adam di Lembaga Pemasyarakatan penyeludupan narkoba yang berasal dari Malaysia ke Indonesia yang bersangkutan (Adam) seluruh aktivitas dari mulai tansporter, penyiapan gudang, sampai mendistribusikan di Indonesia sesuai permintaan, ini diatur oleh Adam sendiri.

Oleh karena itu kita melihat tindak kejahatan narkoba yang dilakukan Adam kata Arman Depari, maka Direktur Tindak Pidana Pencucian Uang sengaja melakukan penyelidikan untuk mengenai kemungkinan adanya perbuatan melawan hukum yang lainya di lakukan oleh Adam.

Baca Juga :  Beli Kartu Perdana Smartfren Dapat Kuota Internet Lebih Besar

TPPU hasil narkotika tindak pidana asal narkotika, antara lain yang ada dihadapan kita berupa, uang dolar Singapura RM, perhiasan-perhiasan, batu – batu mulia, emas batangan, dan yang lain bisa kita hadirkan di tempat ini adalah mobil kendaraan roda empat sejumlah 19 unit, terdiri dari mobil-mobil kelas menengah, dan kelas atas. Dan yang lain adalah rumah yang tempat kita adakan konferensi pers, dan kapal sejumlah 8 unit kapal yang digunakan untuk angkutan antar pulau yang berada di daerah Tembilahan. Ini juga belum bisa kita hadirkan disini karena jarak yang jauh, kemudian kapling tanah, rumah, sertifikat-sertifikat, rekening – rekening buku tabungan sementara sudah kita bekukan sementara
ungkap Arman Depari.

Dan ini akan kita telisik lebih jauh kemungkinan adanya keterlibatan orang lain. Saat ini seluruh jumlah total yang kita situ untuk saat ini baru Rp. 28 milyar dan ini akan kita telusuri harapnya lebih besar lagi. Selanjutnya untuk kasus tindak pidana kasus narkotika akan kita usut tuntas dengan TPPU untuk kita lakukan upaya tidak mempunyai uang dan aset lagi dengan demikian mati dengan sendirinya tutup Arman. (Ramadan)

ALREINAMEDIA TV

Related posts