Kernas Jajanan Sehat Asli Natuna

Kernas Makanan sehat dari olahan Ikan Tongkol dan Sagu Kuliner Asli Natuna (Foto: Herman)

Alreinamedia.com- Natuna, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri merupakan kabupaten yang terdiri dari 272 pulau dan berlokasi di Laut Natuna Utara dan Berbatasan dengan Negara Tetangga ternyata menyimpan kekayaan. Daerah ini tak hanya memiliki atraksi budaya yang menarik, namun kulinernya juga beragam.

Daerah ini memiliki beberapa makanan ringan atau cemilan renyah. Salah satunya bernama, kernas.

Cemilan ini dikenal sebagai nugget Natuna dan menjadi teman asik dibawa untuk jalan-jalan. Kernas atau kasam, demikian warga setempat menyebutnya, bukan terbuat dari ayam seperti kebanyakan nugget di kota-kota lain.

Kernas terbuat dari ikan tuna atau tongkol. Bahan utama kernas lainnya, adalah sagu butir atau sagu lemak.

Baca Juga :  Kredit macet di Uni Eropa Capai 1,06 Triliun Dolar AS

Sebelum dicampur ikan, sagu terlebih dulu digoreng tanpa minyak. Setelah beberapa lama diaduk dengan ikan yang sudah dihancurkan. Jangan lupa lupa diberi bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, garam, cabe rawit. Setelah ditambah sedikit air, lantas dibentuk bulat-bulat dan dipipihkan. Kernas pun siap digoreng.

Cemilan ini akan asyik dimakan saat panas-panas dan dicocol saus rasa segar dan pedas. Kernas terasa kriuk-kriuk di mulut. Bentuk dari Kernas ini berkeping dan terlihat ada buliran sagu dipermukaan maupun didalam makanannya.

Jika kamu sudah ke Natuna tentu Kernas sangatlah mudah kita dapatkan. Bagi anda yang ingin merasakan kelezetannya, kini kernas sudah banyak dijual dan dikemas dalam bentuk yang menarik.

Baca Juga :  Ajip Rosidi dan Nani Wijaya 'NyaAMung' karena Sama-sama Sunda

Hal ini memungkinkan anda tidak perlu harus datang ke Natuna. Cemilan khas Natuna tersebut kini telah dijual di warung-warung makanan khas Natuna yang ada di berbagai daerah di Kepulauan Riau.

Selain kernas, ada lagi satu olahan khas Natuna adalah tabel mando. Anak-anak muda sekarang menyebutnya pizza Natuna. Yang satu ini bahan utamanya juga dari sagu butir dan ikan. Campurannya bisa berupa ikan tongkol,tuna, kepiting, atau gurita. Tabel mando dimasak seperti membuat martabak, hanya menggunakan minyak sedikit dan dipanggang hingga matang. Santaplah selagi Panas karena bila sudah dingin menjadi keras. (Herman)

Redaktur: Arizki

ALREINAMEDIA TV

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Alreinamedia.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.