Kokamla Tanjabtim Jambi Kota Batam Adakan Maulud Nabi Muhammad SAW

  • Whatsapp

Alreinamedia. Batam – Nabi Muhammad SAW merupakan manusia pilihan. Rasulullah yang dalam dirinya terdapat teladan dan contoh yang baik.

Laqod kaana lakum fii rosuulillaahi uswatun hasanatun. Maka, sudah selayaknya Beliau dijadikan panduan dan rujukan dalam seluruh aktifitas kehidupan kita.

Read More

”Demikian dikatakan Penjabat sementara (Pjs) Walikota Batam, Syamsul Bahrum saat memberikan sambutan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Komunitas Kampung Laut (Kokamla) Tanjabtim Jambi Kota Batam yang digelar pada, Minggu (8/11/2020) pukul 10.00 WIB di Pantai Bale, Kampung Tua Bakau Serip, Nongsa.

Syamsul Bahrum mengatakan, dalam peringatan Maulid Nabi SAW ini dapat digali lagi bagaimana kehidupan Rasulullah, bagaimana kesehariaannya, dan bagaimana Rasulullah SAW memprediksi akan hal-hal di masa depan.

“Sesungguhnya kelahiran Rasulullah telah membawa revolusi mental di tengah masyarakat. Dapat dilihat, bagaimana akhlak dan sikap Beliau yang penuh dengan keteladanan. Untuk itu, masyarakat dan khususnya kalangan milenial meski menjadikan Rasulullah sebagai referensi dan contoh yang patut ditiru. Tidak ada sifat yang paling baik selain Rasulullah SAW,” papar Syamsul Bahrum.

Dalam kesempatan itu, Pjs Walikota Batam juga mengajak seluruh elemen masyarakat Islam untuk dapat menyiapkan generasi Islam yang penuh dengan kekuatan. “Baik kekuatan iman, ilmu, pengetahuan, finansial, dan sarana pendukungnya. Soalnya, tantangan ke depan sangat besar. Makanya, kesiapan membentuk generasi Islam yang kuat itu sangat perlu. Dan momentum peringatan Maulid Nabi SAW ini salah satu upaya untuk menyamakan pikiran dan visi guna menyongsong masa depan dengan perpegang pada keteladanan yang ditunjukan oleh Rasullah SAW,” ucap Syamsul Bahrum.

Baca Juga :  Homestay Ngenang Segera Terealisasi sebagai Kampung Wisata.

Dalam acara yang diisi oleh penceramah, H. Muhammad Dirham, S.Ag, S.Sy itu, Syamsul Bahrum mengapresiasi kegiatan Maulid SAW yang bernuansa Melayu. “Saya apresiasi acara seperti ini. Tradisinya begitu kental. Dan saya berharap, acara seperti ini yang dibaluri dengan budaya lokal dapat dipertahankan. Sehingga tradisi yang ada dalam masyarakat dapat terjaga,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Kokamla Kepri, H. Samsul Ibrahim, dalam sambutannya mengungkapkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum untuk selalu mengingatkan anak cucu tentang kehidupan dan sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW. “Maulid Nabi SAW hanya sekali setahun.Makanya gaungnya dan peringatannya hendaknya menyentuh seluruh usia di tengah kaum muslim,” ucap Samsul Ibrahim.

“Kenapa tema Meneladani Akhlak dan Politik Rasulullah SAW diangkat menjadi tema dalam Maulid kali ini? Sebab dalam diri Nabi Muhammad terdapat akhlak yang mulia. Allah SWT berfirman: “Laqod kaana lakum fii rosuulillaahi uswatun hasanatun” yang artinya “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.” (QS Al-Ahzab : 21). Salah satu misi kenabian Muhammad SAW adalah memperbaiki akhlak umatnya,” tambahnya lagi.

Baca Juga :  Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Batam ke - 188 Tahun 2017

Samsul Ibrahim melanjutkan, ketika ada persoalan di tengah keluarga, masyarakat, atau pemerintah, dapat meniru apa yang dilakukan Nabi SAW. “Sebab, dalam diri Rasullah SAW ada contoh teladan, mulai dari cara bicara, berjalan, bergaul di tengah masyarakat, dan lainnya. Semuanya ada pada Rasulullah SAW. Allah SWT sudah katakan hal itu dalam AlQur’an. Inilah yang harus dicontoh oleh kita umat Islam,” tuturnya lagi.

“Jika ingin mencari rujukan, referensi, atau format dalam kehidupan ini, lihatlah Rasullah SAW. Semuanya ada pada beliau,” ungkapnya menambahkan.

Samsul Ibrahim juga mengatakan, peringatan Maulid Nabi SAW tersebut juga disejalankan dengan silaturrahmi komunitas kampung laut Tanjabtim Jambi yang ada di Batam. “Dengan silaturrahmi ini, akan saling mengeratkan persaudaraan dan kekeluarga komunitas kampung laut Tanjabtim Jambi yang ada di Batam ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Wahyudi Saputra, Ketua Panitia Pelaksana, di sela-sela acara mengungkapkan apresiasi dan terima kasih terhadap seluruh panitia yang telah bahu membahu menyukseskan acara tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia. Semoga kegiatan ini menambah keimanan, mempererat rasa kekeluargaan, dan menguatkan silaturrahmi seluruh keluarga Kokamla,” pungkasnya. Dalam acara yang penuh rasa kekeluargaan itu, keluarga besar Kokamla Tanjabtim Jambi tampak memadati tempat acara. (Ramadan)

ALREINAMEDIA TV

  • Whatsapp

Related posts