Lanal Batam Evaluasi Kapal Asing Yang Kandas Di Perairan Takong Kecil

  • Whatsapp

Alreinamedia. Batam – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam dengan sigap mengerahkan personel Posal Pulau Nipa dan Unsur RHIB Lanal Batam On Board Pasops dan Kaurpam Sintel Lanal Batam, untuk mengevakuasi kapal kandas diperairan Takong Kecil, Kamis (05/11/20).

Dikatakan Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Sumatri bahwa keberadaan kapal kandas tersebut diketahui pertama kali oleh personil jaga menara Posal pulau Nipa Serka Andik.

Read More

“Pada saat itu Serka Andik melihat dengan visual ada kapal yang sangat dekat dengan pulau Takong Kecil Posisi Tenggara Pulau Nipa 4.

Baca Juga :  Tim F1QR Lanal Batam Berhasil Gagalkan Penyelundupan Narkoba Seberat 47 Kg

Diketahui kapal yang kandas di perairan pulau Nipa berangkat dari Singapura dengan tujuan Uruguay.

Nama kapal Lu Rong Yuan Yu988, kapal berbendera Singapura dengan 19 orang crew yakni 3 orang WNI dan 16 orang warga negara China.

Dari hasil pengamatan, terlihat kapal posisi sedang kandas dengan 2/3 badan kapal duduk diatas karang. Setelah di lakukakan pengecekan oleh personil Posal pulau Nipa, tidak di dapati tumpahan minyak akibat dari kapal kandas tersebut, dan selanjutnya personil Posal pulau Nipa melaksanakan pengamanan sekitar lokasi.

Menurut nya kecelakaan laka laut kapal kandas tersebut dimungkinkan karena kurangnya kewaspadaan serta kurangnya nahkoda kapal memahami alur pelayaran.

Perairan tersebut sering terjadi laka laut kapal kandas, dan proses penarikan kapal yang pernah kandas diperairan tersebut selama ini cukup memakan waktu yang sangat lama.

Baca Juga :  Dukung Aturan Larangan Mudik Guna Cegah Penyebaran Covid-19, Bandara Hang Nadim Batam Hentikan Sementara Layanan untuk Penerbangan Penumpang

Sampai berita ini diturunkan personel Posal pulau Nipa dan unsur RHIB Lanal Batam On Board Pasops dan Kaurpam Sintel Lanal Batam masih berada di lokasi. (Ramadan)

ALREINAMEDIA TV

  • Whatsapp

Related posts