MSCT Bisa Deteksi Penyakit Jantung Lebih Cepat

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono saat memantau MSCT di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta (Foto: Kemenkes)

Alreinamedia.com- Mendukung diagnostik penyakit jantung koroner serta penyakit gagal jantung, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPD Harkit) menyediakan berbagai peralatan jantung berteknologi canggih, akurat dan modern.

Salah satunya multislice computed tomography (MSCT) dual source bernama model CT Somatom Drive.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono pada Kamis (19/1/2023) mengatakan MSCT bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat terutama terkait dengan kecepatan diagnosis layanan jantung.

“Sudah bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat untuk deteksi dini penyakit jantung dan pembuluh darah. Serta hasil yang didapatkan merupakan hasil terkini yang bisa digunakan untuk diagnosis lebih lanjut,” kata Wamenkes Dante.

Ia melanjutkan, kecepatan deteksi sangat penting bagi proses penyelamatan pasien jantung. Sebab selama ini, layanan katastropik terutama jantung diketahui memiliki waktu tunggu yang lama untuk mendapatkan tindakan.

Baca Juga :  Akhirnya SH dan BH Ditetapkan Tersangka Atas Dugaan Kasus Penganiayaan

Penyebabnya beragam, mulai dari ketiadaan dokter spesialis hingga keterbatasan alat diagnosis. Hal ini diperburuk dengan persebaran fasyankes jantung yang belum merata, keberadaanya masih terkonsentrasi di pulau Jawa.

Juga menyebabkan banyak masyarakat yang tidak tertangani. Tak jarang masyarakat lebih memilih berobat ke luar negeri.

Maka dari itu, dengan hadirnya alat berteknologi mutakhir ini, diharapkan waktu tunggu pasien semakin cepat, proses deteksi jadi lebih presisi dan akurat, penanganan pasien juga lebih efisien dan efektif.

Alat MSCT ini, kata Wamenkes Dante merupakan top of the line dari teknologi yang ada saat ini dan memiliki kualitas sama dengan alat-alat di Eropa, sehingga masyarakat kalau mau skrining jantung dan pembuluh darah bisa disini tanpa ke luar negeri.

Baca Juga :  20 Tentara India Tewas dalam Bentrokan dengan Tentara China

“Karena kualitasnya sama, sentitivitas tinggi, lebih cepat, kontrasnya dikit, kalau ada kelainan artimia maka bisa langsung dilakukan tindakan,” jelas Wamenkes Dante.

MSCT merupakan alat yang berfungsi untuk mendeteksi kelainan penyakit jantung anak, baik jantung struktural maupun jantung bawaan.

Kemudian penyakit jantung dewasa, penyakit jantung koroner, jantung struktural, pembuluh darah tepi, aorta, dan penyakit jantung bawaan dewasa. Alat ini dilengkapi dengan teknologi dan spesifikasi yang canggih.

Yakni dual al source 2 x 128 Straton MX Sigma Tube X ray, Stellar Infinity Detector, Reconstructed slices 2 x 384 slices. Sehingga memungkinkan untuk mendeteksi penyakit jantung maupun pembuluh darah dengan cepat dan akurat. (Ali)

Redaktur: Arizki Fil Bahri

ALREINAMEDIA TV

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Alreinamedia.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.