Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2021

  • Share

Asahan,- Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menggelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 tahun 2021 dengan tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku” bertempat di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Jumat (12/11/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Asahan H. Surya, B.Sc, Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Drs. H. John Hardi Nasution, M.Si, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Hari Sapna, M.K.M, Ketua Organisasi Profesi, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah/Swasta, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya, M.Pd dan beberapa anggota PKK, serta OPD terkait.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional kali ini di Kabupaten Asahan terdiri dalam beberapa bagian, mulai pukul 07.30 Wib s/d selesai dilaksakan Upacara Memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-S7 secara virtual, bertempat di Aula Melati Kantor Bupati Asahan. Setelah upacara tersebut, dilanjutkan dengan vaksinasi massal, temu ramah Bupati Asahan dengan Insan Kesehatan dan cek gula darah gratis yang dilaksanakan hari ini bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan.

Kegiatan ini juga dilanjutkan kembali besok dengan rangkaian acara senam massal, apel siaga kesehatan yang dipimpin oleh Bupati Asahan dan pembagian lucky draw, bertempat di Lapangan Hoky Kisaran mulai pukul 06.30 Wib s/d selesai.

Baca Juga :  LASQI Kabupaten Asahan Beraudiensi dengan Bupati Asahan

Dalam sambutannya di acara temu ramah dengan Insan Kesehatan, Bupati Asahan H. Surya, B.Sc, menyampaikan bahwa dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ini, dirinya berterima kasih kepada para tenaga kesehatan mulai dari tingkat Kabupaten hingga Desa / Kelurahan yang bekerja tanpa henti terlebih lagi dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

“Insan kesehatan tentunya menjadi garda terdepan pada saat pandemi Covid-19 ini, namun hal ini bukan hanya menjadi urusan insan kesehatan saja, tetapi tentunya hal ini menjadi tanggung jawab seluruh pihak,” tegas Bupati.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa target masyarakat di Kabupaten Asahan yang harus divaksin 75% sampai akhir tahun 2021. Tentunya untuk mencapai target vaksinasi ini, maka semua komponen harus bekerja sama melibatkan diri.

“Mari kita saling bekerjasama mendorong masyarakat di Kabupaten Asahan untuk di vaksin demi meningkatkan kekebalan dan herd immunity. Kita juga jangan lengah, jangan abai, terapkan dan patuhi terus prokes yang dianjurkan oleh pemerintah untuk keselamatan dan kesehatan bersama dan mari kita sama-sama berdo’a, agar pandemi Covid-19 ini hilang dari negeri kita,” ujar Bupati Asahan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Hari Sapna, M.K.M, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan HKN ke-57 di tahun 2021 ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19, serta memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga :  Ditargetkan Rampung Agustus 2022, Bendungan Sadawarna Akan Airi 4.500 Hektare Lahan

Tujuan pelaksanaan kegiatan peringatan HKN ke-57 di tahun 2021 ini adalah menjadikan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 sebagai momentum penyatuan tekad dan semangat sehat negeriku tumbuh Indonesiaku untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia.

“Pada hari ini kami juga akan me-launching sms blast Covid- 19 yang bertitik koordinat di Kantor Bupati Asahan, RSUD HAMS Kisaran dan Irian Supermarket Kisaran, jadi dalam jarak 1 km dari titik koordinat setiap masyarakat akan mendapatkan notifikasi sms blast Covid-19 yang berisi tentang protokol kesehatan, vaksinasi Covid-19 dan info-info kesehatan lainnya,” ungkap Hari.

Lebih lanjut Hari menjelaskan bahwa peninjauan kegiatan vaksinasi massal dihalaman Dinas Kesehatan pada hari ini diikuti oleh 570 peserta. Selanjutnya pada tanggal 28 November 2021 mendatang juga akan dilaksanakan vaksinasi massal tahap pertama di Gedung Serbaguna Kisaran.

Setelah acara temu ramah Bupati Asahan dengan insan Kesehatan di Aula Dinas Kesehatan, Bupati, Wakil Bupati dan Sekda juga melakukan peninjauan langsung vaksinasi massal yang diikuti oleh masyarakat umum sejumlah 570 orang di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan.

  • Share

Komentar