Penerbang Tempur Koopsau Latihan Parasailing di Batam

  • Whatsapp

Batam – Komando Operasi TNI AU (Koopsau I) menggelar latihan Parasailing di Pantai Turi Beach Kecamatan Nongsa, Batam. Agenda tahunan Koopsau I ini dilaksanakan tiga hari, Jumat-Minggu (1-3/11).

Latihan Parasailing melibatkan penerbang pesawat tempur dari Skuadron Udara di jajaran Koopsau I dengan total 171 orang. Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Panglima Komando Operasi TNI AU I, Marsekal Pertama TNI M Khairil Lubis. Upacara dilaksanakan di Bandara Internasional Hang Nadim, Jumat (1/11).

Read More

“Latihan ini bertujuan untuk melatih dan memberikan pengalaman praktis bagi penerbang tempur di jajaran Koopsau I,” kata dia.

Baca Juga :  Upacara Tabur Bunga Dalam Rangka HUT Polairud Yang Ke-70

Praktik dilakukan dengan memanfaatkan sarana Parasailing. Di antaranya bagaimana melakukan teknik pendaratan di air. Hingga simulasi kondisi darurat yang harus dihadapi pelaku tempur, apabila pesawat mengalami kondisi fatal.

“Pesawat tertembak misalnya dan harus melakukan penyelamatan melalui kursi lontar. Di sini mereka kemampuannya di-refresh. Terkait pelaksanaan emergency saat escape dan eject,” tuturnya.

Melalui latihan ini diharapkan para penerbang tempur semakin siap. Baik dari segi keterampilan, teknik, maupun mental.

“Latihan sudah sering dilaksanakan, diharapkan ada capaian yang mengarah pada penguatan kemampuan para penerbang tempur,” kata Khairil.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Koopsau I karena telah memilih Batam sebagai tempat dilaksanakannya latihan Parasailing ini. Harapannya, penerbang tempur yang mengikuti pelatihan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat saat operasi nantinya.

Baca Juga :  Kapolri Berikan Bintang Bhayangkara Utama kepada Menpan RB dan Menteri ATR/BPN

“Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kita karena sudah memilih Batam sebagai tempat latihan. Semoga latihan berjalan lancar dan apa yang menjadi tujuan akhir dapat dicapai secara maksimal oleh para penerbang hebat yang dimiliki Republik ini,” sebut Amsakar yang ikut hadir dalam upacara tersebut.

(Mb/MCBatam)

ALREINAMEDIA TV

Related posts