Pertama Kali Pijak Surabaya, Kandidat Ketua HMI Ini Langsung Ziarah

  • Share

Surabaya-Kakanda Bobby Irtanto Bobby Irtanto (Kandidat Ketua Umum PB HMI 2021-2023) Pertama Kali Memijakkan kaki di Surabaya langsung berziarah Ke Makan Sunan Bungkul, Surabaya (Jum’at19 Maret 2021)

Bobby Irtanto ketika disapa awak media perihal kunjungannya mengatakan “Tentunya Sesampainya di Surabaya, kota yang penuh Sejarah perjuangan ini, maka saya melakukan kunjungan religi karena ini merupakan tradisi sebelum kita masuk ke suatu tempat bagi kami orang melayu. Untuk itu dalam menjemput ikhtiar ini kami memohon ridho Allah Swt agar sesuatu yang diperjuangkan ini merupakan jalan terbaik.”

banner 336x280

Sunan Bungkul (Ki Ageng Supo/Mpu Supo) adalah bangsawan dari jaman Kerajaan Majapahit yang setelah memeluk Islam lalu menggunakan nama Ki Ageng Mahmuddin/Syaikh Mahmuddin (1400-1481 M).

Baca Juga :  IPTU I.R. Sitompul, SH. Berharap 24 Kampung Tangguh Dapat Dilanjutkan

Ia adalah salah satu penyebar agama Islam di akhir kejayaan Kerajaan Majapahit pada abad ke-15. Ia adalah mertua Sunan Ampel. Namun sumber lain mengatakan bahwa beliau adalah mertua Raden Paku atau yang lebih dikenal dengan Sunan Giri.

Beliau diperkirakan hidup di masa Sunan Ampel pada 1400-1481 M. Ki Ageng Supa mempunyai puteri bernama Dewi Wardah. Makam beliau berada tepat di belakang Taman Bungkul Surabaya.

Ki Ageng Mahmudin dulunya seorang pejabat kerajaan Majapahit, setingkat Tumenggung. Beliau diminta oleh Raja Majapahit, Brawijaya, agar menemani putra mahkota yang tidak ingin menggantikannya sebagai raja karena lebih tertarik belajar agama, dan ingin berguru ke Sunan Bejagung, di Tuban.(Hs)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Komentar