Update Proyek Penangkal Banjir Jakarta, Jokowi: Selesai Akhir 2020

  • Whatsapp

Alreinamedia.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengupdate perkembangan proyek Bendungan Ciawi dan Sukamahi, di Jawa Barat. Kedua bendungan dibangun untuk mengadang arus banjir ke Jakarta.

Berikut petikan pernyataan Jokowi tentang proyek Bendungan Ciawi dan Sukamahi lewat akun Facebook-nya Presiden Joko Widodo:

Read More

Selamat siang. Sedia payung sebelum hujan, bangun waduk sebelum banjir mengancam. Inilah pekerjaan Bendungan Ciawi, satu dari dua bendungan kering selain Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, yang dibangun sebagai ikhtiar mengurangi kerentanan kawasan metropolitan Jakarta dari bencana banjir.

Baca Juga :  Terima Kunjungan Mentri Luar Negri AS, Presiden Bahas Kerja Sama Ekonomi Hingga Pertahanan

Bendungan Ciawi dan Sukamahi dirancang untuk mengurangi debit banjir yang masuk ke Jakarta. Kedua bendungan akan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendung Katulampa, yang kemudian mengalir ke Sungai Ciliwung. Luas genangan Bendungan Ciawi adalah 31,96 hektare dan Bendungan Sukamahi 5,23 hektare.

Jika tak ada aral melintang, keduanya akan rampung tahun 2021. Akan tetapi, saya ingin lebih cepat, semoga dapat selesai akhir tahun depan.

Kendati demikian, pengendalian banjir di Jakarta tidak bisa dilakukan hanya dengan pembangunan fisik saja seperti membangun bendungan di hulu atau kegiatan normalisasi sungai Ciliwung. Kampanye penyadaran masyarakat, tata ruang, dan pembuatan berbagai sumur resapan di lingkungan rumah masing-masing juga penting. (mb/detik)

ALREINAMEDIA TV

  • Whatsapp

Related posts