Wali Kota Tanjungpinang Kunjungi Lokasi Vaksinasi Lansia di Gedung PSMTI

Alreinamedia.com, Tanjungpinang – Wali Kota Tanjungpinang Rahma memantau pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok lanjut usia (lansia), di gedung PSMTI, Jalan Rawasari Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (15/4/2021).

Wali Kota, Rahma mengatakan kegiatan vaksinasi ini, dinas kesehatan bekerjasama dengan PSMTI dan Walubi kota Tanjungpinang.

banner 336x280

Hal ini, dilakukan agar pendataannya lebih jelas dan mudah, jika dikoordinir oleh komunitas. Sehingga target pencapaian vaksinasi lansia lebih cepat. “Alhamdulillah, mereka sangat antusias untuk divaksin Covid-19, tentu kita suport,” katanya.

Rahma berujar, setelah ini dari BKMT, terutama usia 60 tahun ke atas. Kemudian ada dari Hakka dan Nahdlatul Ulama (NU).

“Mohon doanya kepada masyarakat agar vaksinator kita diberikan kesehatan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya,” ucap Rahma.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Tanjungpinang, dr. Nugraheni Purwaningsih menjelaskan vaksinasi ini satu rangkaian dari percepatan capaian target herd immunity di kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Bupati Lingga M. Nizar Resmikan Aliran Listrik 24 Jam Dan Air Bersih Di Pulau Lipan

Herd immunity Tanjungpinang sekitar 150 lebih dari jumlah populasi kota Tanjungpinang. Jadi, meskipun sedang puasa di bulan ramadan, petugas kita tetap melaksanakan tugasnya,” kata dia.

Namun, kata Nugraheni, kalau untuk sasaran, kita utamakan yang memang tidak puasa, tetapi kalau ada yang sedang puasa berani untuk di suntik vaksin, boleh saja, kita tetap melayani, terutama yang suntikan kedua tidak bisa di undur, tetap harus divaksin sesuai jadwal.

“Yang penting istirahat yang cukup di malam harinya, sahur di akhir imsak, jadi, pas kita di suntik itu masih mempunyai cadangan energi yang cukup,” ucapnya.

Hari ini, lanjut Nugraheni, ada tiga puskesmas yang memberikan pelayanan suntikan vaksin kepada para lansia yakni puskesmas Tanjungpinang, Batu 10, dan Sungai Jang.

Baca Juga :  Mendagri Tunjuk Wagub jadi Plt Gubernur Kepri

“Rencananya 300 sampai 400 orang. Tapi dari organisasi kan masih banyak, hanya saja kita masih ada prioritas-prioritas lainnya. Selain itu juga, mengingat tenaga kesehatan kita terbatas, jadi harus terjaga, tidak boleh di forsir,” tuturnya.

Ketua Walubi Kota Tanjungpinang, Fre Lee menuturkan pelaksanaan vaksinasi ini, kita kerja sama dengan dinkes untuk penyedian tenaga kesehatan dan vaksin.

Sementara, PSMTI dan Walubi memfasilitasi ruang bagi tenaga kesehatan untuk melayani vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lansia.

“Sebelumnya mereka sudah mendaftar, lalu kita seleksi. Kita utamakan lansia semua. Hari ini, yang sudah divaksin sekitar 300 orang dan ini berkelanjutan,” tuturnya.

(IP)

banner 336x280
banner 120x600

Komentar