Yap Chen Wen, Pensiun Dari Timnas Malaysia

Yap Cheng Wen telah pensiun dari bulu tangkis kompetitif karena cedera bahu kiri yang sudah berlangsung lama (Foto: Istimewa)

Alreinamedia.com- Pebulutangkis spesialis ganda, Yap Cheng Wen telah pensiun dari bulu tangkis kompetitif karena cedera bahu kiri yang sudah berlangsung lama, ungkap kepala pelatih ganda BAM, Rexy Mainaky hari ini.

Yap Cheng Wen, 28 tahun, mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional pada hari Sabtu tetapi tidak mengungkapkan apakah dia akan menjadi profesional atau pensiun dari olahraga tersebut.

Rexy Mainaky mengatakan tim tidak menghalangi jalan Cheng Wen mengingat keadaan yang dia hadapi. Cederanya kambuh selama tantangan Internasional Malaysia bulan lalu.

“Dia menjalani pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) dan itu menunjukkan otot bahu kiri robek,” kata Rexy.

“Dia sudah lama menderita cedera ini. Dia sudah menanggungnya saat beralih dari ganda putri ke kategori ganda campuran. Dia mengatakan kepada saya (sebelumnya) bahwa dia hanya akan terus bermain jika dia mampu mengatasinya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Danlantamal IV Hadiri Pembukaan Konkernas V PGRI

“Hasil MRI terbaru adalah yang terakhir. Dia tidak ingin cedera itu mempengaruhi kesehatannya di kemudian hari, jadi dia menyerah. Akan sulit baginya untuk mendapatkan kembali wujudnya dan dengan bertambahnya usia, dia ingin mencari pilihan lain.”

Dalam 15 tahun tugasnya bersama tim nasional, Cheng Wen menikmati masa terbaiknya antara 2018-2019 ketika dia berpasangan dengan Vivian Hoo di ganda putri.

Pada 2018, pasangan ini merebut gelar Macau Open dan menjadi runner-up di Hyderabad Open. Setahun kemudian, mereka mengantongi perunggu di Manila Sea Games dan melanjutkan untuk mencapai peringkat tertinggi dalam karir No 17.

Vivian dikeluarkan dari tim nasional pada tahun 2021 dan Cheng Wen kemudian dipasangkan dengan Anna Cheong dan Lee Meng Yean tetapi kedua kemitraan tersebut gagal memberikan pengaruh.

Baca Juga :  Pertama Sedunia! Bakal Ada Kereta Gantung Lintas Negara & Benua

Cheng Wen kemudian pindah ke kategori ganda campuran dalam upaya untuk menghidupkan kembali karirnya tetapi kemitraannya dengan Choong Hon Jian dan Loo Bing Kun tidak mengesankan.

Pensiunnya Yap Cheng Wen merupakan pukulan lain bagi departemen ganda campuran tim nasional karena tiga pemain lainnya sudah pergi pada November.

Peraih medali emas Hanoi Sea Games Peck Yen Wei memutuskan berhenti setelah berjuang dengan cedera pergelangan kaki yang terus-menerus sementara Chan Peng Soon dan Cheah Yee See memutuskan untuk menjadi profesional. (Fry)

Redaktur: Arizki

ALREINAMEDIA TV

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Alreinamedia.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.